Study Tour to Elex Media Komputindo

Konichiwa minna~~~ kembali liputan dari Nippon Club. Kali ini kru liputan Nippon club akan membahas tentang study tour Nippon Club ke ELEX Media Komputindo Jakarta. Pastinya minna suka membaca manga dan ingin tahu bagaimana manga Jepang, dan buku lainnya dibuat. Penasaran? Jika ya simak saja artikel ini.

Study tour ini diadakan pada tanggal 11 Oktober 2013 untuk para member anggota team Shimazu yang telah memenangkan games TKA Nippon Club. Rombongan NC berangkat dari kampus dan sampai ke kantor Kompas Gramedia pada pukul 09.30. Setelah sampai di kantor Elex, para peserta study tour langsung diarahkan ke ruang meeting Elex di lantai 4 dimana mereka diberikan tontonan video tentang profile perusahan Elex Media Komputindo.

Setelah itu, mereka mendapatkan sebuah persentasi tentang sejarah perusahaan Elex dan juga apa saja yang dilakukan oleh Elex. Dalam persentasi ini, para peserta diberikan informasi tentang bagaimana cara kerja Elex dalam menerbitkan berbagai macam buku dari dalam dan luar negeri serta cara mereka mendistribusikan buku-buku tersebut keseluruh wilayah di Indonesia. Para peserta juga medapat sedikit informasi tentang bagaimana cara mereka dapat bekerja di perusahaan Elex Media Komputindo. Selain itu juga, para peserta mendapat kejuatan dari Elex berupa games kecil yang berhadiakan komik-komik yang seru dan keren.

Setelah selesai mendengarkan persentasi tentang profile Elex Media Komputindo, para peserta study tour langsung dibawa ke lantai 2 dimana mereka akan melihat bagaimana cara Elex memproduksi sebuah komik dan juga buku. Ketika berada di lantai 2, para peserta study tour dipecah menjadi 3 kelompok dikarenakan suasana kantor Elex yang cukup penuh oleh buku dan juga komik. Di kantor produksi ini, para peserta dapat melihat bagaimana cara sebuah komik atau buku dibuat, diedit, dan diterbitkan. Para peserta dibawa ke bagian produksi dimana mereka dapat melihat bagaimana sebuah komik dipilih dan dimodifikasi agar sesuai dengan standar baca Indonesia. Di sini, peserta juga dapat melihat proses pembuatan cover komik dari yang asli menjadi yang sudah berbahasa Indonesia.

Setelah puas melihat cara sebuah komik dibuat dan didesign, rombongan peserta dibawa kebagian produksi buku-buku novel dan juga ilmiah. Di sana, para peserta diberikan informasi tentang tata cara pembuatan sebuah buku dan juga bagaimana mereka menerjemahkan dan mengedit naskah sebuah buku. Setelah itu, peserta langsung dibawa ke bagian editorial Elex. Di sini peserta dapat melihat bagaimana sebuah komik yang sudah dibuat oleh bagian produksi diedit dan dinilai sudah layak cetak atau belum. Bagian editorial merupakan bagian yang mungkin paling menyenangkan bagi para peserta karena mereka dapat melihat data-data dan juga spoiler komik yang akan terbit. Di sini juga, peserta mengetahui tata cara sebuah komik diterbitkan. Dari sebuah data dalam komputer yang sudah diedit dan didesign, sampai menjadi komik yang sudah dilengkapi dengan naskah dan text berbahasa Indonesia yang sudah siap untuk dicetak.

Setelah puas dengan kunjungannya di kantor produksi Elex, peserta langsung dibawa ke ruang showroom Elex dimana mereka dapat membeli komik-komik dan juga buku dengan potongan harga tentunya. Setelah puas berbelanja komik dan buku, rombongan study tour berfoto bersama di depan kantor Elex dan akhirnya pulang kembali ke kampus Binus Anggrek. Pastinya sangat seru mendapat kesempatan untuk melihat bagaimana cara sebuah komik dan buku dibuat dan diterbitkan. Sekian hasil liputan dari kru Nippon Club, pastikan kalian tetap stay-tune dengan liputan kami di event-event berikutnya.