Seni merupakan hal yang tidak bisa terlepaskan dari hidup manusia dan suatu bidang pembelanjaran yang tidak mengenal serta akan terus berkembang. Seni juga bisa muncul dalam berbagai bentuk, tidak harus selalu seperti apa yang biasanya kita lihat dalam kehidupan sehari-hari seperti music, ilustrasi dan lain-lain. Pada zaman post-modern ini, kita dapat menikmati berbagai jenis karya seni dalam bentuk-bentuk yang lebih unik dan kreatif. Salah satunya bisa kita lihat dari berbagai seni hasil kreasi orang-orang Jepang yang unik berikut ini.

1.Seni Tanbo, Seni Melukis Sawah

Bagi para pembaca, mungkin kalian merasa sawah hanyalah sebagai tempat untuk menanam bagi para petani. Pemikiran tersebut memang benar, namun pada masa sekarang ini, sawah tidak hanya sebatas sebagai tempat untuk menanam. Sawah telah berkembang menjadi salah satu wadah untuk menciptakan seni.

Di Jepang terdapat sebuah seni melukis sawah yang disebut Seni Tanbo. Jika biasanya beberapa seniman menggunakan cat dan berbagai alat-alat lukis lainnya untuk menciptakan suatu karya seni, pada Tanbo Art ini para petani menggunakan tanaman-tanaman yang mereka panen sebagai media utama untuk menciptakan seni. Para petani di Jepang menggunakan berbagai jenis padi dengan warna-warna yang berbeda untuk menciptakan sebuah gambar raksasa yang dapat kita lihat dari kejauhan. Gambar-gambarnya bervariasi, mulai dari huruf kanji sampai dengan wajah manusia, bahkan ada yang dapat menyerupai sebuah lukisan tradisional Jepang.

Seni ini pertama kali dikenal sejak tahun 1993 dimulai dari Masyarakat desa Inakadate di perfektur Aomori. Awalnya seni ini terbentuk sebagai wujud dari rasa hormat para penduduk desa terhadapa sejarah desa mereka. Dari rasa hormat inilah, masyarakat desa mulai mencoba menciptakan gambar raksasa di sawah mereka dari padi-padi dengan 4 jenis warna yang berbeda-beda. Dimulai dari budaya ini, hingga sekarang setiap bulan April, para petani akan berdiskusi untuk memutuskan gambar raksasa yang akan mereka ciptakan di lahan pertanian mereka. Hasil ide mereka akan dicoba menggunakan komputer terlebih dahulu sebelum dilaksanakan. Setelah terlihat hasilnya barulah mereka mulai menanam padi-padi di tempat-tempat yang berlainan.

Tanbo Art ini memang memerlukan waktu yang cukup lama agar gambar yang diciptakan dapat terlihat, namun meskipun prosesnya lama, gambar raksasa yang diciptakan juga bertahan lama. Bahkan seiring berjalannya waktu, gambar di sawah akan semakin menarik dan indah, salah satu faktornya dikarenakan keadaan padi-padi yang berubah warna ketika mendekati masa panen. Seiring berjalannya waktu pula, penduduk desa lain pun mulai mengikuti seni unik satu ini, di mana karya seni menarik perhatian para wisatawan asing maupun wisatawan dalam negeri.

2.Seni Menghias Bento

Bento merupakan sebuah istilah yang meunjuk pada kotak bekal makanan di Jepang. Pada dasarnya memang kotak bekal berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan makanan, namun di mata Orang Jepang, kotak bekal pun bisa menjadi salah satu bentuk karya seni yang unik.

Dalam Seni Menghias Bento ini, makanan-makanan yang terdapat di dalam benti dihias sedemikian rupa hingga membentuk gambar-gambar yang unik. Dimulai dari cara peletakkan makanan, jenis-jenis makanan yang perlu dimasukkan hingga warna-warna makanan yang harus dipilih. Penghiasan bento ini dapat menghasilkan berbagai macam gambar, mulai dari kanji yang dibuat menggunakan nori, hingga wajah-wajah dari karakter anime dan karakter-karakter dari komik barat. Komposisi warna makanan yang menarik menjadi salah satu faktor pembentukan gambar-gambar yang unik di bento. Warna-warna pada makanan biasanya dihasilkan dari bahan-bahan pewarna alami seperti strawberry, ubi ungu dan lain-lain.

3.Seni Akuarium

Baru-baru ini terdapat suatu bentuk seni baru yang diperkenalkan oleh orang Jepang yakni Seni Akuarium. Salah satu seniman yang mendalami seni Akuarium ini adalah Hidetomo Kitamura.

Kitamura menggunakan 5000 ekor ikan emas yang disimpan di dalam 17 instalasi yang terbentuk dari 50 buah akuarium. Akuarium-akuarium yang ditata sedemikian rupa diberi pencahayaan yang menarik sehingga memiliki kesan modern namun tidak melupkan nilai-nilai tradisional yang ada seperti Kimono, Layar lipat dan lentera. Seni Akuarium karya Kitamura ini pun dipajang di sebuah pameran di Nihonbashi Mitsui Hall, Chuoku, Tokyo.

Seni Akuarium ini juga digeluti oleh berbagai seniman di Jepang, inti dari seni adalah menggabungkan ikan dan pencahayaan serta bentuk sebagai faktor utamanya. Tidak hanya sebatas pada bentuk kotak atau bulat seperti akuarium pada umumnya. Bentuknya bisa berupa kimono, lentera, kotak-kotak akurium yang dibentuk pun bisa diletakkan sedemikian rupa hingga membentuk unsur tradisional Jepang.

4.Amezaiku, Seni Permen

Tentunya permen yang dihias dengan lebih indah dan menarik akan lebih menarik perhatian orang-orang terutama anak-anak. Apalagi dengan bentuk bentuk yang lucu, tentunya dapat menarik minat anak-anak yang lebih banyak. Amezaiku dikenal sebagai sebuah seni menghias atau membentuk permen ke dalam sebuah karya seni, biasanya berbentuk karakter-karakter atau hewan. Seni ini merupakan salah satu seni yang sudah mulai langka bahkan di Jepang sendiri yang merupakan Negara asal usulnya.

Para seniman Amezaiku biasanya memulai dari tahapan perebusan sirup pati ketan hingga menjadi lentur dengan warna yang transparan. Bahan ini pun dibagi menjadi beberapa bagain kecil yang kemudian akan ditarik dan diremas-remas oleh sang seniman. Warna putih akan mulai terbentuk pada proses ini dikarenakan kontak bahan dengan udara. Setelah melewati proses ini, maka seniman Amezaiku akan memasuki tahap yang paling vital atau crucial pada pembuatan Amezaiku. Sang Seniman bisa menggunakan berbagai perkakas-perkakas kecil seperti sumpit, gunting kecil dan pensit untuk membentuk karakter yag diinginkan. Lalu apa yang membuat tahap ini menjadi crucial? Pada tahap ini, pembentukan karakater harus dilaksanakan sebelum permen mengeras dengan rentang waktu sekitar 3-5 menit. Inilah alasan mengapa tahap ini dianggap crucial atau paling penting. Teknik mencubit, menarik, membengkokan, menekan dan lain-lain menjadi pendukung utama dalam berhasilanya pembuatan Amezaiku oleh para Seniman.

5.Seni Ilusi Make-up Tubuh

Apakah kalian percaya tubuh seseroang dapat terlihat seolah-olah dimodifikasi meskipun pada dasarnya tubuh mereka tidak dimodifikasi sama sekali, namun hanya dilukis menggunakan make-up? Tubuh-tubuh mereka dapat terlihat seolah-olah berlubang bahkan terlihat seperti dijahit, tetapi semua itu hanyalah ilusi yang diciptakan dari make-up. Iilah yang membuat Seni Ilusi Make-up Tubuh ini menarik.

Karya seni ini adalah sebuah seni yang diperkenalkan oleh seorang seniman asal Jepang yang dikenal dengan nama Choo-san. Choo-san berhasil menciptakan ilusi make-up pada tubuh manusia di mana seolah-olah tubuh mereka dimodifikasi seperti tubuh mereka terlihat dioperasi hingga memiliki resleting di punggung mereka. Hasil yang diciptakan sangat menyerupai bentuk hasil modifikasi digital, namun beberapa pihak menyatakan dugaan tersebut salah setelah melihat hasil make-up dari dekat. Karya Seni ini benar-benar hanya mengandalkan cat akrilik dan bakat alami untuk membentuk sebuah ilusi make-up yang rumit. Ilusi make-up yang diciptakan pun berbagai macam, mulai dari wajah terlihat seolah-olah memiliki empat mata, tangan memiliki lubang untuk memasukkan baterai, tubuh yang seolah-olah dapat terbuka dengan resleting hingga karya-karya ekstrim seperti adanya mulut tambahan di muka, perut yang terbuka menyerupai kancing baju, kaki yang seolah-olah berlubang dan diikat membentuk pola tali sepatu.


Sumber :

http://japanesestation.com/tanbo-art-seni-melukis-sawah-oleh-petani-jepang/

http://www.vemale.com/kuliner/icip-icip/35061-kreatifnya-seni-plating-makanan-oleh-masyarakat-jepang.html

http://www.portalkbr.com/teenvoice/sekitar-kita/2836790_6433.html

http://jepangers.blogspot.com/2013/09/amezaiku-seni-permen-dari-jepang.html

http://j-cul.com/extreme-body-art/