Mungkin hampir seluruh Negara di dunia memiliki mitologi yang menceritakan mengenai Negara-negara mereka sendiri. Jepang merupakan salah satu Negara tersebut, beberapa dari kalian mungkin memang tidak asing lagi mendengar nama makhluk mitologi seperti Nue, Kappa dan Tengu. Namun jumlah para makhluk-makhluk tersebut sangatlah banyak hingga setiap daerah di Jepang memiliki kepercayaannya masing-masing kepada makhluk makhluk yang berbeda.

1. Mokumokuren

Makhluk satu ini cukup unik karena mereka bersemayam pada pintu geser Jepang yang terbuat dari kertas. Konon Mokumokuren akan menghantui pemilik rumah yang tidak merawat pintu kertas mereka dengan baik. Biasanya mereka akan menakut-nakuti pemilik rumah dengan menunjukkan mata mereka yang menyeramkan dengan mengintip lewat lubang-lubang yang terdapat di pintu kertas tersebut. Mereka tidak akan berhenti melakukan hal tersebut sampai si pemilik rumah rela untuk memperbaiki pintu geser mereka.

2.Ittan Momen

Hantu yang berwujud kain putih dengan panjang 33 kaki ini sekilas tidak terlihat berbahaya. Biasanya kita dapat melihat mereka berterbangan di udara pada malam hari. Namun jangan sesekali mengusik kehidupan mereka, meskipun terlihat hanyalah sebuah kain, mereka dapat membunuh manusia dengan melilitkan badan mereka di kepala manusia dan meremukkan tulang tengkorak mereka.  Ittan Momen akan merasa senang ketika ada seseorang yang mau mengenakan mereka.

3.Baku

Baku adalah Makhluk Mitologi yang dikenal di Cina dan di Jepang, wujudnya memiliki muka seekor singa, panggul seekor kuda, cakar setajam harimau dan ekor lembu. Baku memiliki kemampuan untuk memakan mimpi buruk seseorang. Umumnya mereka sering muncul untuk memakan roh-roh jahat yang menyebabkan mimpi buruk pada manusia. Biasanya untuk memanggil seekor Baku, seseorang harus mengucapkan doa terlebih dahulu sebelum mereka tidur, di saat mereka mengalami mimpi buruk, mereka harus mengucapkan doa kedua untuk membuat Baku datang dan memakan mimpu buruk mereka. Konon Baku akan memberikan nasib baik kepada siapa pun yang telah memanggil mereka.

4.Wanyudo

Makhluk ini memiliki wujud sebuah roda kereta kuno yang terbakar dengan wajah seorang kakek tua terpampang di roda tersebut. Konon diceritakan bahwa pada awalnya Wanyudo adalah bangsawan kaya yang senang menyeret orang-orang dengan keretanya. Diceritakan bahwa makhluk ini merupakan penjaga neraka dan sering berkeliaran antara dunia manusia dengan dunia roh. Biasanya dia akan menakut-nakuti orang orang yang dia lewati sepanjang perjalanan, namun manusia yang terlalu dekat dengan makhluk ini akan menyebabkan roh mereka diambil dan dibawa ke neraka bersama Wanyudo.

5.Gashadokuro

Merupakan tengkorak dengan tinggi sekitar 15 kali lebih tinggi dari ukuran tinggi badan manusia pada umumnya. Makhluk ini akan menangkap dan menggigit putus kepala manusia yang mereka temui dengan gigi mereka yang besar. Konon makhluk ini tercipta dari kumpulan tulang-tulang manusia yang meninggla akibat kelaparan. Satu-satunya cara untuk mengetahui kedatangan Gashadokuro adalah dengan mendengarkan bunyi bel, bunyi bel saat waktu menunjukkan lewat dari tengah malam merupakan pertanda semakin dekatnya kedatangan Gashadokuro ke posisi sang korban. Makhluk ini mengincar siapa pun yang berjalan-jalan sendirian saat malam hari.


Sumber :

http://en.wikipedia.org/

http://dexozoid.blogspot.com/2012/08/legenda-baku-makhluk-mitologi-jepang.html

http://hermawayne.blogspot.com/2010/12/10-makhluk-teraneh-dalam-mitologi.html