Origami atau Orengami?
J-News - Thursday, December 5, 2013 | 10:17 pm

Penduduk Jepang memiliki tradisi di mana setiap melewati musim dingin, selalu meringkuk dibawah sebuah meja penghangat yang biasa disebut kotatsu dan mengkonsumsi Mikan (Jeruk Mandarin). Tetapi jika hanya mengkonsumsinya, terasa ada yang kurang, sehingga orang Jepang mengisi kekurangan ini dengan membuat sebuah seni origami yang baru, yang dinamakan dengan “Mikan Art” yang hanya menggunakan teknik mengupas pada Jeruk Mandarin, dan hasilnya rata-rata adalah bentuk hewan berbentuk seperti Kera, Burung, kuda, dan lain-lain.

Pemula dapat mencoba membuat Mikan Art seperti ini :

Pada tahun 2010, Perusahan Shogakukan menerbitkan sebuah buku yang berjudul “Atarashii Mikan no Mukikata” (New ways to peel a mikan). Isinya mengenai 25 jenis diagram dan cara mengupas kulit jeruk mandarin, yang hasilnya rata-rata binatang, dan hasilnya masih utuh, dengan arti tetap tersambung.

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat Mikan art ini mudah didapati, di antaranya adalah gunting, pisau, cutter, ataupun pelengkapan-perlengkapan yang diperlukan untuk mengukir/mengupas, dan tentunya juga jeruk mandarin.


Terkadang lebih dari 1 kali mengupas akan menghasilkan bentuk dan konten baru, seperti topi, gajah, helipkoter, dengan cara memisahkan beberapa bagian kulit jeruk mandarin dan memasangnya kembali menjadi bentuk yang diinginkan.


Jadi, pada saat mina-san ingin mengkonsumsi kulit jeruk, cobalah “Mikan Art” ini, dan nikmati proses pembuatannya, dan secara tidak terasa kreativitas anda akan terasah.

Source : http://en.rocketnews24.com/2013/11/14/how-to-peel-an-orange-is-mikan-art-the-new-origami/


Share this:

CHECK THIS OUT!!
Top