Orang Jepang memiliki tradisi yang disebut Hatsuyume (Hatsu () yang berarti pertama dan Yume () yang berarti mimpi). Hatsuyume (初夢) adalah mimpi pertama bagi orang Jepang disaat tahun baru yang dipercaya dapat menentukan nasib baik selama setahun ke depan. Seperti di negara lainnya, di Jepang pada malam 31 Desember dilewati tanpa tidur, sehingga hatsuyume merupakan mimpi pada malam 1 Januari sampai 2 Januari menurut tradisi mereka.

Mimpi pertama yang dipercaya sebagai pembawa keberuntungan adalah ketika seseorang bermimpi mengenai gunung Fuji, burung elang, dan terong. Kepercayaan ini telah mengakar dalam setiap diri orang Jepang sejak awal zaman Edo. Bagi orang Jepang, ketiga mimpi tersebut dapat membawa keberuntungan karena yang pertama, gunung Fuji merupakan gunung tertinggi dan terindah di Jepang. Kedua, burung elang merupakan burung yang cerdas, kuat, dan dapat terbang tinggi sehingga dapat diartikan sebagai pencapaian cita-cita. Dan ketiga, terong merupakan permainan kata dari bahasa Jepang yakni nasu atau nasubi (茄子), yang juga dapat diartikan sebagai “terjadi” atau “terlaksana” (nasu 成す).

Orang Jepang sering mengingat mimpi baik Hatsuyume dengan kalimat Ichi-Fuji, Ni-Taka, San-Nasubi (一富士、二鷹、三茄子;  1. Fuji, 2. Elang, 3. Terong). Ternyata mimpi yang dipercaya sebagai pembawa keberuntungan ini juga mempunyai kelanjutannya walau dianggap kurang terkenal. Kelanjutan dari mimpi tersebut adalah Yon-Sen, Go-Tabako, Roku-Zato (四扇、五煙草、六座頭;  4. Kipas, 5. Tobacco, 6. Pemijat buta).

Bagaimana mimpi pertama Minna-san di tahun 2014 ini? Semoga impian-impian Minna-san dapat terkabul di tahun 2014 ini! (^_^)

Sumber : Wikipedia, imelda.coutrier.com