[J-Event] Japanese Culture Week
J-Event - Tuesday, January 28, 2014 | 10:37 pm

Konbanwa minna~ Nippon Club kembali lagi menghadirkan liputan dari event seru yang baru saja diadakan yaitu Japanese Culture Week. Acara ini diselenggarakan oleh BSSC (Binus Square Student Committee) dan berlokasi di Binus Square. Japanese Culture Week ini berlangsung selama 4 hari, dari tanggal 22 – 25 Januari 2014. Jadi bagaimana rangkaian acara hari pertama?

Acara dimulai dari jam 12.30 di Under Meal Binus Square. Pengunjung yang masuk ke under meal disambut dengan berbagai macam stand yang menjual makanan, minuman, anime merchandise, accessories, dan berbagai macam hal lagi. Di sini juga tersedia photobooth, yang disiapkan oleh Nippon Club sendiri! Di photobooth, peserta Japanese Culture Week bisa foto dengan memakai yukata, dengan background yang lucu. Di Under Meal juga ada Tanabata Wish Tree, dimana kamu bisa menempelkan permohonanmu pada pohon kecil ini. Siapa tahu, permohonanmu bisa-bisa dikabulkan! Selain membuka stand-stand, BSSC juga mengadakan workshop sushi, dengan pembicara dari Sushi Kiosk. Di workshop ini, Arief Rachman-sensei, chef dari Sushi Kiosk, mengajarkan peserta cara membuat 3 macam sushi yang pastinya akan menggoda perut semua orang. BSSC juga ada anime screening film “One Piece Film Z”! Para fans One Piece pun langsung antusias mengikuti kegiatan ini. Meskipun anime screening diadakan pada malam hari, peserta tetap kelihatan semangat dan terhibur.

Hari kedua JCW dimulai dengan seminar kedutaan besar Jepang mengenai studi di Jepang, yang dibawakan oleh ibu Natasha dan ibu Olga. Beliau menjelaskan alasan mengapa pelajar harus mempertimbangkan negeri sakura sebagai tempat melanjutkan studi. Acara kemudian dilanjutkan dengan talkshow dari Nippon Club tentang “Hal-hal yang membuat orang Jepang terkejut di Inodnesia”. Seminar yang dibawa oleh Jun-san, Iosa-san dan Ritsuki-san ini sangat santai dan menghibur para pengunjung dan juga menambah pengetahuan mereka tentang budaya Jepang. Acara ketiga adalah workshop manga dimana para peserta diajarkan bagaimana menggambar character anime yang benar. Acarapun ditutup dengan lomba manga. Para peserta sangat bersemangat dan antusias dalam membuat character mereka. Beberapa diantaranya berhasil menarik perhatian juri. Hasil lomba akan diumumkan oleh BSSC nanti.

Pada hari ketiga, diadakan perlombaan Sudoku. Para peserta lomba sangat berkonsentrasi dan teliti dalam mengerjakan soal sudoku. Ruang lomba pun dijada ketat oleh para panitia untuk menjaga ketenangan dan konsentrasi peserta. Tidak ketinggalan juga, terdapat maid cafe yang dibuka di oak room sepanjang hari. Pengunjung dapat merasakan pengalaman dilayani oleh para maid yang manis dan juga butler yang ganteng secara eksklusive. Pada malam harinya, diadakan screening anime “Conan” yang berlangsung sampai dengan jam 21.00.

Di hari terakhir JCW, Binus Square dipenuhi cosplayer, Itasha&Itansha Exhibition yang keren dan unik. Selain itu juga, acara diramaikan oleh performance dari banyak guest star dan juga band yang siap menghibur para pengunjung JCW. Performance dimulai oleh grup Ren Ai Project yang dilajutkan dengan lomba cosplay yang menghadirkan Rena, Clarissa Punipun dan Kak Ferdy sebagai juri. Perlombaan cosplay ini diakhiri oleh dance cover performance oleh Minna no Hanayang dilanjutkan Band Performance dari Storyline Band dan Keion Band yang asli Jepang. Oh ya, tak hanya lomba cosplay, ada pula lomba costreet dimana peserta tidak perlu melakukan performance di atas panggung sehingga pengunjung JCW dapat melihat begitu banyak peserta costreet yang berlalu-lalang, turut meramaikan event ini.

Bersamaan dengan performance oleh Keion Band, Punipun dan Rena mengadakan Meet and Greet di mana pengunjung dapat berbincang-bincang dan mendapatkan 2 coscard berisikan tanda tangan Punipun dan Rena serta berfoto bersama mereka. Acara dilanjutkan kembali oleh Minna no Hana, atraksi bela diri Aikido dari UKM Binus dan performance solo dari Alviyan dengan lagu-lagu slow dan lagu “First Love” Utada Hikaru. Lalu sebagai pembukaan pengumuman pemenang lomba cosplay, Punipun mempersembahkan medley dari 6 OST anime yang sedang populer, salah satunya adalah OST anime Shingeki No Kyojin.

Dan inilah saat-saat yang di tunggu-tunggu, pengumuman pemenang lomba cosplay dan costreet. Pemenang Costreet diraih oleh Sarutobi Azuma dengan nomor kontestan S223 dan pemenang cosplay juara 3 diraih oleh Agnes dengan nomor kontestan C3, Juara 2 oleh Ayare dengan nomor kontestan C6 dan juara pertama diraih oleh Rikku Tachibana.

JCW pun mulai mendekati penghujung acara. Serangkaian penampilan dari bermacam band membuat JCW semakin seru: ada Livera Band, Black Paper Moon, Hikari DC, Mea Visualism, band dari Nippon Club juga yaitu leDreamer, serta yang paling ditunggu-tunggu, guest star JCW kali ini, Jellyfish yang sukses membuat para penggemar berteriak histeris. Bukan hanya karena penampilan mereka yang keren, tetapi Aria, vokalis Jellyfish melempar kalung yang ia kenakan kepada penonton. Iru, Bassist Jellyfish pun ikut melempar stickdrum yang Tian gunakan pada performance hari itu. Kemudian acara ini ditutup dengan performance Bon Odori dari panitia JCW.


Share this:

CHECK THIS OUT!!
J-Event - Wednesday, November 22, 2017 | 7:40 pm
J-Event - Wednesday, November 22, 2017 | 7:27 pm
J-Event - Wednesday, November 22, 2017 | 3:32 pm
J-Event - Thursday, November 16, 2017 | 7:09 pm
Top