Konnichiwa minna-san!! Kali ini kita akan membahas tentang “Mayoiga”. Apa sih mayoiga itu? Mayoiga merupakan salah satu dongeng di Jepang. Awalnya dongeng ini hanya dikenal di daerah Tono. Dongeng ini mulai dikenal diluar daerah Tono berkat karya seorang pendongeng bernama Kunio Yanagita yang terbit tahun 1910 dengan judul ”Tono Monogatari” (Tales of Tono). Berikut adalah isi dongeng mayoiga menurut buku tersebut.


“Ada seseorang bernama Miura Oguni, dia adalah orang terkaya di desanya. Dua atau tiga generasi yang lalu, keluarga itu hidup dalam kemiskinan. Suatu hari, sang ibu pergi ke sungai di depan rumahnya untuk mencari tanaman, tetapi dia tidak menemukannya dan pergi ke lembah.


Tiba-tiba,dia menemukan gerbang hitam dan memasukinya. Disana ia melihat kebun besar penuh dengan bunga merah dan putih, dan banyak ayam bermain. Disana juga ada kandang sapi dan kuda yang terisi penuh, tetapi tidak ada orang dimanapun.


Kemudian dia masuk ke rumah dan melihat ruang berisi nampan, mangkok kayu berwarna merah dan hitam dalam jumlah besar. Kemudian di ruang lainnya, dia melihat teko yang mendidih,t etapi tetap tidak menemukan orang lain. Lalu dia lari ketakutan mengira rumah itu milik ”Yama Otoko”.


Ketika dia menceritakan kejadian itu kepada orang lain tidak ada satupun yang percaya padanya. Beberapa hari kemudian, ketika dia keluar untuk mencuci, dia melihat sebuah mangkok merah mengambang. Karena terlihat bagus dia mengambilnya, tetapi berpikir tidak sopan menyajikan makanan dengan mangkok kotor, mangkok itu dipakai untuk mengambil dan menakar beras.


Anehnya,setelah mangkok itu dipakai,beras di rumah itu tak pernah habis terlepas dari waktu yang telah berlalu. Penghuni rumah yang kebingunan, menanyakan hal ini kepada sang ibu, dia mengatakan kepada mereka hal ini disebabkan karena dia mengambil mangkok itu di sungai. Setelah itu rumah itu diberkahi rezeki baik, dan akhirnya menjadi kediaman Miura yang sekarang.”


Nah, bagaimana pendapat minna-san tentang dongeng ini? Adakah yang memiliki pengalaman serupa?


Referensi: http://fftranslations.atspace.co.uk/mayoiga.html