Izanagi Izanami

Dilukis oleh Kobayashi Eitaku, 1880-90 (MFA, Boston)

Konnichiwa Minna-san, kali ini Nippon Club akan membahas mengenai sejarah dewa Izanagi dan dewi Izanami dari Jepang. Pada zaman sekarang ini, mitologi Jepang banyak dijadikan referensi pada anime, manga, video game, dll. Semua mitologi tersebut diambil berdasarkan catatan sejarah Kojiki dan Nihon-Shoki, yang mencatat berbagai cerita mengenai dewa-dewi, pahlawan terkenal, dan juga binatang legendaris dari Jepang. Berikut adalah ringkasan ceritanya.

Pada awalnya, Bumi hanya memiliki kegelapan, bintang-bintang, dan lautan tak tebatas. Dewa-dewi pertama yang datang ke Bumi adalah dua bersaudara, dewa Izanagi-no-Mikoto dan dewi Izanami-no-Mikoto. Mereka datang dari surga dan menciptakan pulau pertama Onogoro dengan mengaduk lautan menggunakan tombak Amenonuhoko, yang diberikan oleh dewa-dewa generasi sebelumnya.

Izanagi dan Izanami memutuskan untuk menikah dan ingin membuat generasi baru di Bumi. Saat upacara pernikahan Izanami menangis bahagia melihat Izanagi, lalu Izanagi memperingatkan bahwa wanita tidak boleh berbicara terlebih dahulu. Akhirnya anak pertama yang mereka lahirkan cacat. Kemudian mereka kembali ke surga untuk mencari tahu penyebab kecacatan anak mereka.

Setelah itu mereka menyusun ulang upacara pernikahan mereka dengan benar dan kali ini Izanami tidak berbicara sampai diperbolehkan. Izanami akhirnya melahirkan kedelapan anak lain dengan normal yang menjadi pulau-pulau besar di Jepang. Mereka kemudian melahirkan banyak anak lain, termasuk Fuujin (dewa angin), Raijin (dewa petir), dan Ryuujin (raja naga laut) yang menjadi fenomena alam di Jepang. Namun, Izanami meninggal setelah melahirkan dewa api, Kagutsuchi, dan mengakibatkan Izanami dikirim ke dunia lain Yomi.

Izanagi yang sedih akan kematian istrinya memutuskan untuk pergi ke Yomi dan membawanya kembali ke Bumi. Saat Izanagi berhasil menemukannya, Izanami telah berubah menjadi hantu yang menyeramkan. Izanagi yang panik kemudian melarikan diri dan menutup pintu masuk gua Yomi dengan batu raksasa untuk mencegah amarah dari Izanami. Setelah itu, Izanagi mengumumkan perceraiannya dengan Izanami, namun Izanami tidak terima dan berjanji akan membunuh 1,000 manusia setiap hari untuk membalas dendam. Kemudian Izanagi membalas perkataannya bahwa ia akan menciptakan 1,500 manusia setiap harinya.

Sumber : ancient-mythology.com, Wikipedia (1), (2)