Konnichiwa Minna-san!! Kali ini kita akan membahas tentang beberapa senjata yang ada di Jepang.Tanpa berlama-lama lagi hajime mashou. ヽ(´▽`;)/♪


1.Katana

Katana adalah pedang panjang Jepang yang mungkin sering kalian lihat dan dipakai oleh para samurai. Bentuk kanji untuk katana yang berbentuk 刀; Menjelaskan karakteristik pedang itu yaitu pedang dengan satu mata pedang dan melengkung yang secara tradisi digunakan oleh para samurai tersebut.

Katana biasanya dipakai bersama dengan wakizashi atau tantō, sekilas, kedua pedang ini mirip dengan katana dengan ukuran yang lebih pendek. Satu set dari sebuah katana dan pedang pendek tersebut dinamakan daishō. Daishō hanya boleh dipakai oleh para samurai, maka dari itu memiliki daishō berarti memiliki kekuatan secara sosial dan memiliki kehormatan yang tinggi. Katana dipakai untuk pertempuran terbuka, dan para pedang pendek dipakai sebagai senjata sampingan, untuk menikam, pertempuran jarak dekat, dan seppuku.


2.Kodachi

Kodachi adalah pedang yang dibuat secara tradisional pada zaman feodal Jepang. Kodachi digunakkan oleh para samurai juga, perbedaan utama yang terlihat bila dibandingkan dengan katana adalah ukurannya kodachi yang lebih kecil dengan panjang kurang dari 60 cm. Namun untuk pedang kodachi tidak ada catatan sejarah tentang apakah pedang ini dipasangkan dengan katana untuk membentuk sebuah daishō? Apakah pedang ini diberikan untuk para samurai remaja? Hanya sejarah yang tahu.


3.Wakizashi

Wakizashi serupa dengan katana, tetapi seperti yang sudah dijelaskan di atas, ukuran wakizashi lebih pendek dibandingkan katana. Selain ukuran yang lebih pendek, sebuah wakizashi memiliki bilah pedang yang lebih tipis dibandingkan dengan katana. Maka dari itu, wakizashi dapat memberikan luka potongan yang lebih dalam dibandingkan dengan katana. Wakizashi digunakan sebagai senjata sampingan samurai atau pertempuran di dalam bangunan suci atau istana,karena samurai akan meninggalkan katananya kepada para pengawal di pintu masuk. Meskipun tidak sedominan sebuah katana saat bertempur, pedang ini adalah pedang yang akan selalu tetap dibawa pada setiap waktu di saat kemenangan dan kekalahan. Seorang samurai akan mengenakan senjata ini ketika tidur dan diletakkan di sampingnya.

 
4.Ninjato

Ninjato seperti namanya merupakan pilihan para pasukan ninja. Alasannya adalah karena pedang ini tidak sepanjang katana denga panjang disekitar angka 50cm dan berat yang lebih ringan dari katana dengan berat bisa mencapai di bawah 1 kg hingga 3 kg karena pedang ini dibuat supaya bisa dengan mudah disembunyikan kedalam baju. Perbedaan mendasar antara katana dan ninjato terletak pada desainnya yang lurus.


5.Nagamaki

Nagamaki adalah pedang panjang dengan bilah pedang dengan panjang dimulai dari 2 meter dan pegangan panjang yang sama dengan bilah pedang itu sendiri. Pedang ini yang bermata satu seperti katana dengan poros gagang yang dibuat menyerupai katana. Perbedaan utama dari pedang ini adalah gagangnya yang memberikan nama “nagamaki” yang berarti “pembungkus panjang”. Pegangan nagamaki dibungkus dengan kulit atau sutra dengan secara saling silang, seperti cara membungkus katana.


6.Naginata

SNaginata terdiri batang kayu panjang seperti sebuah tombak dan mata pisau yang melengkung di ujungnya. Bagian utama bilah sebuah naginata terdiri bilah pedang yang berkisar dari 30 cm sampai dengan 60 cm dan disebut alasannya masih disebut sebagai pedang adalah karena cara menempanya yang sama seperti pedang tradisional Jepang.


7.Yari

Yari adalah tombak dengan bagian bilah yang lurus. Bilah tersebut terbuat dari baja yang sama seperti katana dan ditempa dengan cara tradisional Jepang dan sama seperti ujung panah karena digunakkan untuk serangan menusuk. Sepanjang sejarah, bilah pada yari memiliki jumlah ujung untuk menyerang satu saja, meski terkadang terlihat bahwa ada yang bercabang. Pada umumnya cabang pada yari hanyalah hiasan karena cabang yari pada umumnya menunjuk ke arah samping.

Referensi:http://enenarifandy.blogspot.com/2012/09/jenis-jenis-pedang-di-jepang-jepang.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Katana