Bicara soal Meme, minna-san yang membaca artikel ini, pasti sudah tahu atau sering menemukan meme ala Jepang dijaringan social dan internet. Entah itu dari jaringan social seperti Tumblr, Twitter, Pinterest, G+, Imgur, Friendster, Facebook, dll, atau mungkin juga dari 9gag? Website yang dimana meme merupakan hal yang sudah BIASA namun bisa muncul meme yang tidak biasa. 0_0”

Sebelumnya, ada yang familiar dengan foto-foto dibawah?


Ini merupakan meme yang terbentuk dari kesenggangan inspirasi yang didapat para pemuda/i di Jepang, dan menyebar dengan cepat. Suatu trend untuk gaya foto ini merupakan inspirasi dari Manga/Anime Shingeki no Kyojin dan meme ini dinamakan “Pretend Attack on Titan” atau dalam bahasa Jepang disebut “Shingeki no Kyojingokko” (進撃の巨人ごっこ).


Dan ini merupakan contoh gambar “Hadouken-ing”. Hadouken style atau variasinya Makankosappo, merupakan jurus yang digunakan dalam game Street Fighters untuk hadouken dan serial Dragon Ball Z untuk Makankosappo.
Foto-foto di atas menyebar luas dan menjadi trending pada tahun 2013. Sebagian pengguna internet sudah tak asing dengan foto-foto tersebut.

MEME 2013 VS MEME 2014

Untuk tahun 2014 ini, tepatnya pada bulan Februari ini, dunia kembali dihebohkan (setidaknya begitulah pendapat penulis artikel) dengan 2 meme baru.

1. Special Feeling / 特別な気分
Meme pertama, yang berawal dari sebuah interview pada tanggal 8 Februari, meme ini lebih dikenal dengan nama “Special Feeling ”.

Special Feeling (Jepang: 特別な気分, Tokubetsunakibun), disebut juga sebagai “Special mood”, adalah ilustrasi yangmemparodikan sepasang kekasih yang diwawancarai di TV selama badai salju di Tokyo pada awal Januari 2013.
Meme yang satu ini mendapat lebih banyak perhatian dari para pengguna internet, terutama dari pria/wanita berstatus SINGLE. (0_0|”). Kenapa??

Ketika seorang pasangan diwawancarai di tengah badai salju,Tokyo. Yang paling di tanda kutipkan adalah perkataan sang pria yang berbunyi, “Berada di tengah cuaca bersalju seperti ini bersama kekasihku, serasa menenggelamkan diriku dalam perasaan yang istimewa. Saya menyukainya.”

Menurut minna, perasaan apa yang timbul setelah mendengar perkataan tersebut?
Banyak pengguna yang merasa perkataan tersebut tidak sesuai dengan kondisi cuaca saat itu. Beberapa pengguna internet juga mengkritis pasangan cewek yang malu dan tidak memperlihatkan mukanya, gadis muda tersebut ternyata memakai cincin, sedangkan cowok (pasangannya) tidak memakainya (mungkin ketinggalan #plakkk #dijitakkepala), dan sampai hal – hal lain. (#kritikusbanget, apakah ini yang namanya efek rumah kaca cemburu tingkat jones?)

Meme ini dihebohkan oleh Illustrator-illustrator yang senggang tidak diketahui alasannya dari Pixiv, NicoNicoSeiga, Tumblr, Twitter, dll, membuat parodi couple, Yaoi, Yuri, ataupun unknown (contoh pasangan dari “Pokemon”, seperti Ash dan Pokemonnya).

Berikut serangkaian Illustrasi dari Special Feeling Meme.

(Oke, 3 gambar/illustrasi terakhir adalah contoh dari type “Unknown”, atau sebut saja “Genderless”, dan itu terlihat cukup aneh bagi orang awam.)

2. Hanzu Meme

Meme kedua, yang mulai heboh 3-4 hari lalu, belum ada kejelasan nama dari meme yang satu ini, sebut saja “Hanzu Meme”.

Meme ini terkenal setelah berhasil secara tak sengaja mendapat perhatian dari “Meme Creator” (pembuat meme). Yang diambil menjadi meme adalah “Ekspresi&Reaksi” dari Yuruzu Hanzu ketika memenangkan medali emas dari pertandingan “Sochi Olimpiade Musim Dingin” tahun 2014″.

Yuruzu Hanzu dikenal sebagai seorang Men figure skating, dari penampilan berseluncur yang elegan hingga berhasil mendapatkan medali emas. Namun sialnya bagi dia, yang justru mendapat perhatian dari meme creator adalah EKSPRESINYA, dari ekspresi muka yang androgynous dan personalitas yang lucu, terbentuklah meme yang kacau balau satu ini. (PLUS, kesukaannya pada boneka beruang Pooh)


Dari hal yang “Biasa” dipandang,


Menjadi hal yang “TakBiasa” dipandang.

Tentunya foto diatas hanya pembuka, foto-foto lainnya menunggu minna dibawah ini. (^=v=^)*


Sekarang dia siap menjadi “Idol”.

Dan tidak hanya berhenti disitu, Yoshiko Kobayashi, pelatih dari Hanzu, juga melahirkan meme yang baru.Seperti yang muncul dari gambar di bawah ini.

Kandidad Meme 2014 yang akan bertahan paling lama.

Sumber :
http://www.buzzfeed.com/ryanhatesthis/if-this-is-what-the-japanese-harlem-shake-looks-like-america
http://j-cul.com/meme-jepang-terbaru-berfoto-layaknya-raksasa/
http://knowyourmeme.com/memes/special-feeling
http://www.crunchyroll.com/anime-news/2014/02/15/japanese-gold-medalist-inspires-new-photo-meme-in-japan