Konnichiwa minna-san! Tahu anime Saki dan Akagi? Bagi yang tahu, mungkin ada yang suka bingung kan karakternya pada main apaan? Tenang saja, karena kita akan membahas permainan yang menjadi inti cerita kedua anime ini yaitu Riichi Mahjong. Apa sih riichi mahjong itu? Seperti namanya, permainan ini adalah variasi dari mahjong yang berasal dari Jepang. Dalam permainan ini kita bersaing dengan 3 pemain lainnya untuk mengumpulkan poin sebanyak mungkin.

Lalu untuk bermain permainan ini apa yang kita butuhkan? Dalam permainan ini harus tersedia:

  1. 1 Set batu mahjong

Namanya juga main mahjong ya pasti butuh batunya. Batu-batu ini akan disusun untuk mendapat skor. Buah-buah tersebut bisa dibagi dalam dua jenis yakni:

 

-Angka(number) yang terdiri atas:

-Non-angka(honors) yang tediri atas

Lalu yang di antara kazehai dan sangenpai itu apa?yang merah” itu akan dibahas pada bagian berikutnya,sementara yang satu lagi adalah buah mahjong musim yang tidak digunakan pada permainan ini

2.Stik skor

Kalau yang ini fungsinya sudah jelas. Sesuai namanya, stik ini dipakai untuk menghitung skor yang sudah didapat ^_^.

Stik-stik ini terbagi menjadi  4 menurut nilainya,yaitu:

-100

-1000

-5000

-10000

 

3.Playmat/Playtable

Sebenarnya playmat ini satu satunya benda yang tidak wajib, tapi disarankan ada supaya batuz mahjong tidak cepat rusak.

4.Dadu

Dadu? Buat apaan? Disini dadu bisa digunakan untuk menentukan posisi pemain dan penyusunan buah mahjong di awal permainan.

 Sekian dulu pembahasan kita. (backsound: Kok cuma di bahas alatnya? Cara mainnya gimana? Nipu nih!) Itu akan dibahas lain kali,jadi ditunggu saja. Sayonara minna-san! ヽ(*・ω・)ノ

 

Referensi

-http://reachmahjong.com/en/how-to-play-riichi-mahjong/ch-1/