Konnichiwa minna-san! Masih ingat dengan artikel tentang Riichi mahjong minggu lalu? Kali ini kita akan melanjutkannya!

Setelah mengetahui apa yang diperlukan untuk  bermain Riichi mahjong, sekarang akan dibahas bagaimana cara memulai permainnannya. Jadi tanpa basa baso, mari kita mulai saja. (─‿‿─)

 

Apa yang harus kita lakukan untuk memulai permainannya?

1. Menentukan posisi pemain & menyusun arena permainan

Kenapa 2 hal ini penting? Karena posisi pemain dan susunan batu mahjong di awal permainan sangat berpengaruh pada susunan batu mahjong di tangan masing” pemain dan posisi pemain dapat mempengaruih skor yang bisa didapat.

Bagaimana caranya?

-Untuk menentukan posisi pemain, biasanya tergantung kesepakatan, tapi cara yang paling umum digunakan adalah dengan menaruh 4 kazehai (batu arah mata angin) yang berbeda di atas meja dan masing-masing pemain duduk di tempat yang sesuai dengan kazehai yang mereka ambil
Contoh posisi pemain:

-Untuk menyusun arena permainan, semua pemain mengacak batu mahjong di arena lalu menyusunnya menjadi tumpukan dengan ukuran panjang 17 batu mahjong dan tinggi 2 batu mahjong seperti gambar di bawah

Orang yang mendapat kazehai timur di awal permainan dapat memilih untuk menjadi bandar (dealer) atau melempar posisi itu ke pemain lain dengan cara melempar 2 dadu. Dari lemparan 2 dadu itu dihitung dari sang pelempar ke pemain selanjutnya berlawanan arah jarum jam, untuk lebih jelasnya kira” seperti ini

Jadi jika putaran dadu menunjukan angka 5 si pelempar tetap jadi bandar.

-Dan terakhir menyusun dead wall dan menentukan dora (batu bonus yang akan menambah nilai) juga darimana pemain mengambil batu mahjong untuk dimainkan. Apa itu dead wall? Dead wall adalah 14 batu mahjong yang tidak boleh diambil kecuali seorang pemain bisa memenuhi syarat seperti membuat kan (kan akan di jelaskan dibawah). Jadi penyusunan dimulai dengan si bandar melempar 2 dadu (lagi) , lalu menghitung dari berlawanan arah jarum jam (lagi).

Kalau dari gambar diatas dadunya menujukkan angka 7, pemain di seberang bandar akan menghitung 7 batu mahjong dari arah kanan dan menggesernya sedikit dari jauh mahjong lainnya. Lalu dimulai dari bandar mengambil 4 batu mahjong di sebelah dead wall di ikuti oleh pemain lain berlawanan arah jarum jam, tetapi batu mahjong yang diambil tetap searah jarum jam. Ketika semua pemain sudah mengambil 12 batu mahjong, mereka hanya perlu mengambil 1 batu lagi, sehingga batu mahjong di tangan mereka ada 13. Lalu pemain didepan dead wall menurukan batu mahjong nomor 7 ke kiri dan membuka nomor 5, nomor 5 itu akan menjadi penanda dora). Lalu permainan dimulai dengan si bandar mengambil 1 batu mahjong.

 

Permainannnya udah dimulai, terus kita ngapain dong?

Setiap pemain perlu menyusun batu mahjong ditangan untuk mendapatkan poin, caranya dengan mengambil 1 batu mahjong dari arena dan membuang 1 yang tidak diperlukan sampai batu mahjong di tangan kita dapat diberi skor. Susunan batu mahjong yang dapat di beri skor terdiri dari 14 batu mahjong dan dapat dibagi menjadi 4 set dan 1 pair atau 7 pair. Set dalam mahjong terbagi menjadi 3, yaitu:

-Chi

Set yang 1 ini terdiri atas 3 batu mahjong dengan angka yang berurutan dan berlambang sama
Contoh:

 

-Pon       

Set yang satu ini terdiri atas 3 batu mahjong dengan angka dan lambang yang sama (3 of a kind)
Contoh:

 

-Kan

Sama seperti pon,tetapi terdiri dari 4 batu mahjong (4 of a kind)
Contoh:

 

Untuk memenuhi syarat menang kita nggak harus menunggu batu mahjong yang diperlukan datang ke tangan kita, kita juga bisa mengambil batu mahjong yang baru dibuang oleh pemain lain dengan mendeklarasikan chi, pon, atau kan terhadap batu yang ingin diambil, contoh:

Untuk kasus pertama jika pemain lain membuang 3 bambu kita bisa ambil dengan mendeklarasikan chi, begitu juga untuk kasus kedua tetapi yang kita ambil 5 lingkaran, khusus kasus ke 3 kita bisa mengambil 6 atau 9 karakter. Setelah kita mengambil batu mahjong yang dibuang pemain lain kita membuka set tersebut dan meletakkannya disebelah kanan kita. Mengambil batu mahjong pemain lain hanya dapat dilakukan 4 kali dalam 1 ronde.

Terus gimana kita menang?

Kita dapat memenangkan satu ronde bila susunan batu mahjong di tangan kita mencapai kondisi tenpai (hanya butuh 1 batu lagi untuk membuat  4set 1 pair atau 7 pair) Contoh tangan tenpai:

(perlu 9 karakter atau kazehai timur)

Setelah tenpai kita punya 2 pilihan:

-Menunggu batu mahjong yang diperlukan datang ke tangan kita lalu deklarasikan Tsumo sambil memperlihatkan semua batu mahjong di tangan kepada pemain lainnya dan meyebutkan skor yang sudah dikumpulkan.

-Menunggu pemain lain membuang batu mahjong yang diperlukan dan deklarasika Ron samibl memperlihatkan semua batu mahjong di tangan kepada pemain lainnya dan meyebutkan skoryang sudah dikumpulkan.

Tapi tidak semua tenpai bisa menjadi tsumo/ron ada 1 kondisi dimana tenpai tidak dapat dilengkapi yang disebut furiten. Furiten adalah kondisi dimana batu mahjong yang dibutuhkan sudah kalian buang atau ketika pemain lain membuangnya kalian malah meleng dan mendeklarasikan ron pada pemain yang membuangnya berikutnya dalam 1 putaran. Furiten dapat diatasi dengan merubah kombinasi batu mahjong di tangan(kalau yang dibutuhkan malah kalian buang) atau menunggu sampai giliran kalian lewat (kalau meleng sehingga lupa ron).

 

 

Bagaimana? Mudah kan? Sekian artikel kali ini, sampai bertemu lagi dalam pembahasan lainnya. Sayonara minna-san!!

FAQ:

Q:Bisa nggak saya ambil batu mahjong yang baru dibuang pemain lain buat lengkapin pair?
A:Bisa, asal dengan pair tersebut tangan mu jadi memenuhi syarat menang, selain itu tidak.

Q:Kan setkan’ itu dari 4 batu mahjong, kalo misalnya dari 4 set saya ada satu ‘kan’ jumlah batu mahjong sisanya ga cukup buat bikin 3 set dan 1 pair
sisanya dong?
A:Khusus set kan, bila ada ditangan bisa deklarasi kan dengan menaruh 1 set tersebut ke kananmu dan mengambil 1 batu mahjong dari dead wall supaya
batu mahjong ditangan tetap bisa membuat 3 set dan 1 pair yang diperlukan.

Q:Kalau begitu dead wallnya ngak 14 lagi dong?
A:Masalah itu diatasi dengan cara menarik 1 batu terdekat di arena untuk dimasukkan ke dead wall.

Q:Kalau misalnya saya udah deklarasi pon,dan tiba” dapat batu keempat ditangan(misal deklarasi pon 3 kazehai timur,di tangan ada 1 lagi)bisa dijadiin
kan ga?
A:Bisa,itu namanya promoted kan.

Q:Kalau batu keempatnya dibuang pemain lain bisa jadi kan?
A:Tidak.

 

Referensi:

http://reachmahjong.com/en/how-to-play-riichi-mahjong/ch-2/

http://reachmahjong.com/en/how-to-play-riichi-mahjong/ch-3/

http://reachmahjong.com/en/how-to-play-riichi-mahjong/ch-4/

http://reachmahjong.com/en/how-to-play-riichi-mahjong/ch-5/