photo Battle-Ship_Island_Nagasaki_Japan_zpse88d643c.jpg

Apakah Minna-san pernah melihat atau mendengar pulau Gunkanjima? Gunkanjima yang dalam bahasa Inggrisnya berarti Battleship Island merupakan sebuah pulau tak berpenghuni yang terletak di Prefektur Nagasaki sekitar 15 kilometer dari kota Nagasaki, Jepang. Lalu mengapa pulau ini disebut pulau Gunkanjima? Karena pulau yang bernama asli pulau Hashima ini dikelilingi oleh beton-beton besar yang mengelilingi seluruh pulau.

 photo haichizu_zps909d21e4.jpg
Peta Pulau Gunkanjima

Dulunya, pulau Gunkanjima masih ada penduduknya pada tahun 1887 sampai 1974 dan terkenal karena tambang batu baranya. Pada tahun 1890 perusahaan Mitsubishi membeli pulau ini dan memulai proyek tambang batu baranya dari dasar laut. Pada tahun 1916, beton-beton dibangun di sekitar pulau dan dibangun sebuah apartemen untuk melindungi para pekerja dan pulau dari topan dan ombak besar. Namun pada tahun 1960, orang-orang Jepang mulai mengganti batu bara dengan minyak bumi, sehingga banyak tambang batu bara yang ditutup. Dan pada tahun 1974, perusahaan Mitsubishi secara resmi menutup tambang batu bara di Gunkanjima dan akhirnya mengosongkan pulau tersebut sehingga pulau ini menjadi pulau yang tak berpenghuni.

 photo Hashima076_zpsd2227533.jpg  photo 6356296105_854731a660_z_zpsfe830aec.jpg

Foto-foto bangunan dalam Pulau

Pada tahun 2009, pemerintah Jepang menghilangkan larangan mengunjungi pulau Gunkanjima. Pulau ini kembali dibuka sebagai tempat kunjungan publik, namun dengan area yang terbatas. Para pengunjung juga dilarang memasuki bangunan-bangunan di sana karena resiko runtuhnya bangunan. Kemudian pada tahun 2013, Google mengirim karyawannya untuk berkeliling dan merekam seluruh isi pulau ini untuk digunakan sebagai Street View. Berikut video pengambilannya :


Apabila Minna-san tertarik melihat foto seluruh isi pulau Gunkanjima, Minna-san dapat mengunjungi website yang dibuat oleh photographer dari Prancis bernama Jordy Meow berikut ini :

http://www.totorotimes.com/urban-exploration/the-gunkanjima-odyssey/

atau dapat melalui Street View berikut ini :

https://www.instantstreetview.com/2bp4fpz5ve7l6z3vbzr5z2u

Sekian artikel kali ini dan sampai jumpa di artikel berikutnya. ( ´ ▽ ` )ノ

Sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/Hashima_Island