Mungkin Minna-san pernah mendengar kata Chuunibyou atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama 8th grade syndrome, namun apakah Minna-san pernah mendengar kata Gogatsubyou? Gogatsubyou (五月病) terdiri dari dua kata yaitu gogatsu (五月) yang berarti bulan Mei dan byou (病) yang berarti penyakit. Lalu seperti apa Gogatsubyou itu? 「(゚ペ)

Gogatsubyou merupakan depresi yang menyerang beberapa murid atau karyawan baru  pada saat minggu kedua bulan Mei. Mengapa Gogatsubyou biasanya menyerang pada saat bulan Mei? Di Jepang, tahun ajaran baru sekolah dan perusahaan mulai pada awal bulan April (musim semi). Beberapa murid atau karyawan baru yang masih penuh dengan motivasi suatu saat pasti akan merasa lelah atau stress setelah satu bulan berlalu.

Lalu mengapa pada minggu kedua? Karena pada akhir bulan April tanggal 29 sampai dengan minggu pertama bulan Mei tanggal 5 adalah minggu Golden Week di Jepang (hari libur tepatnya pada tanggal 29 April dan 3-5 Mei). Kebanyakan orang-orang Jepang melewati liburan Golden Week dengan jalan-jalan, pulang ke kampung halaman, shopping, atau hanya bersantai di rumah. Oleh karena itu, beberapa orang akan merasa kehilangan motivasinya setelah melewati libur yang panjang dan kembali ke rutinitas mereka sehari-hari.

Apakah Minna-san pernah mengalami gejala yang mirip dengan Gogatsubyou? Penulis sendiri sering mengalaminya setelah melewati liburan Natal dan Tahun Baru ヽ(´ー`)ノ. Sekian artikel kali ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. ( ´ ▽ ` )ノ

Sumber: japanese.about.com, funjapanese.net