Hi, mina-san. Kali ini Nippon Club akan mengulas tentang game yang lagi populer di dunia mobile gaming. Game yang satu ini adalah Love Live! School Idol Festival.

Love Live! School Idol Festival adalah sebuah rhythm game buatan KLabGames dan Bushiroad untuk platform iOS dan Android. Game ini dibuat dari anime Love Live! School Idol Project yang populer di Jepang (dan saya juga salah satu fans beratnya ;3). Lagu-lagu dalam game ini dinyanyikan oleh grup μ’s (dibaca Muse dalam bahasa Inggris) yang merupakan idol group dari anime Love Live!

Game School Idol Festival (atau akrab dipanggil SIF oleh para fans di reddit) mempunyai sistem yang unik yang membedakannya dari rhythm game lain di pasaran seperti Project Diva, Cytus, ataupun DJMax Technika. Ada 2 komponen penting dalam bermain SIF, Live Performance (rhythm game) dan Building Units (card collecting game). Singkatnya, player akan membuat sebuah tim (unit) 9 member dari kartu-kartu virtual yang dapat player koleksi. Nah, dengan tim tersebut, player akan dapat memainkan Live Mode, inti dari game ini dimana player akan dapat memainkan lagu-lagu μ’s (ada 24 lagu yang bisa dimainkan saat artikel ini dipublish).

Tidak hanya itu saja, bagian yang membuat SIF lebih menantang dari game rhythm lainnya adalah sistem LP atau Live Points dimana untuk memainkan satu lagu saja, player diharuskan untuk membayar sejumlah LP. Jika lagunya easy, LP yang dibayarkan hanya kecil sekitar 5 LP, tapi jika tingkat kesusahannya expert misalnya, membutuhkan sekitar 25 LP untuk memainkan lagu yang sama. Tingkat recovery LP adalah 1 LP/6 menit, membuat game ini lebih punishable dan kompetitif. Detail gameplay dapat dilihat lebih lanjut di sini.

Sebagai referensi, boku sendiri sudah bermain game ini selama dua bulan, dan game ini merupakan game yang paling boku mainkan sekarang (recommended abis lah). Oops… sebelum lupa, game School Idol Festival merupakan game FTP alias Free-to-Play, jadi bagi mina-san yang ingin memainkan game ini dapat langsung mendownloadnya di App Store untuk iOS (Iphone) atau Play Store untuk Android. Selamat bermain!!

Source: http://decaf.kouhi.me/lovelive/