Apakah Minna-san pernah melihat festival api unggun yang sering dirayakan oleh orang-orang Jepang ini? Tradisi yang bernama Gozan no Okuribi (五山送り火, api perpisahan 5 gunung) adalah penyalaan api unggun raksasa yang disusun membentuk aksara kanji, bentuk perahu, serta gerbang Torii. Api unggun ini berlokasi di lima gunung sekeliling kota Kyoto, Jepang. Festival ini merupakan puncak dari perayaan Obon (perayaan kedatangan arwah leluhur) di Kyoto yang diadakan setiap tanggal 16 Agustus.

Tradisi yang juga dikenal dengan nama Daimonji no Okuribi ini dipercaya bertujuan untuk mengantar kepulangan arwah-arwah leluhur yang mendatangi rumah keluarga atau anak cucu selama perayaan Obon. Berikut kelima api unggun yang dinyalakan pada saat Gozan no Okuribi berlangsung:

Daimonji
Daimonji

Merupakan api unggun pertama yang dinyalakan pada Gozan no Okuribi. Api unggun ini disusun membentuk aksara kanji (“dai”) yang berarti “besar”, dan diambil dari kata Daimonji (大文字). Api unggun ini berlokasi di kuil Jodo-ji, Gunung Daimonji (Nyoigatake), dan dinyalakan pada pukul 20.00. Tiga goresan pada api unggun tersebut masing-masing sepanjang 80, 160, dan 120 meter.

Myo
Myo
Hyo
Ho

Api unggun ini disusun membentuk dua aksara kanji (“myo”) dan (“ho”) merujuk pada ajaran agama Buddha yang berarti “hukum yang mengagumkan”. Api unggun ini berlokasi di Gunung Nishi-Yama dan Higashi-Yama, Matsugasaki, dan dinyalakan pada pukul 20.10. Kedua api unggun ini apabila diukur memiliki panjang sekitar 100 meter.

Funagata
Funagata

Funagata (舟形 “shape of boat”) merupakan api unggun yang disusun seperti bentuk perahu. Api unggun ini berlokasi di Gunung Funa, Nishigamo, dan dinyalakan pada pukul 20.15. Api unggun ini memiliki tinggi 130 meter dan memiliki panjang 200 meter.

Hidari Daimonji
Hidari Daimonji (Daimonji sebelah kiri)

Api unggun yang disusun membentuk aksara kanji (“dai”), namun bentuknya merupakan cermin dari bentuk aksara “dai” pada Daimonji. Api unggun ini berlokasi di Gunung Hidaridaimonji, Okitayama, dan dinyalakan pada pukul 20.15. Api unggun ini memiliki ukuran yang sama besar dengan api unggun Daimonji yang pertama.

Toriigata
Toriigata

Toriigata (鳥居形 “shape of torii”) merupakan api unggun yang disusun seperti gerbang Torii. Api unggun ini berlokasi di Gunung Mandara, Saga Toriimoto, dan dinyalakan tepat pukul 20.20. Api unggun ini memiliki tinggi 76 meter dan memiliki panjang 72 meter.

Semua api unggun di masing-masing lokasi tersebut menyala selama 30 menit dan api unggun pertama, yaitu api unggun Daimonji akan padam pada pukul 20.30, diikuti dengan api unggun di keempat gunung lainnya secara berurutan. Bagaimana pendapat Minna-san dengan tradisi Gozan no Okuribi ini?

Sumber : Wikipedia, Japan Visitor