Minna-san pasti sering melihat parade atau omikoshi yang mengarak kuil atau semacamnya. Namun di Jepang ada sebuah festival yang memberi kebebasan untuk membuat benda yang akan dijadikan parade. Festival ini bernama Hassaku Matsuri (八朔祭) khususnya di prefektur Kumamoto.

Hassaku Matsuri merupakan festival yang dirayakan di Jepang untuk memohon kepada para dewa agar diberikan panen yang melimpah dan hidup yang bahagia. Festival ini diadakan setiap tahun pada hari pertama bulan lunar kedelapan, yang biasanya jatuh pada awal September. Dikatakan bahwa festival ini dimulai pada tahun 1757 dibawah perintah klan Hosokawa yang prihatin akan panen-panen yang buruk di sekitar area Yabe.

Hassaku Matsuri dirayakan dengan cara yang berbeda pada setiap prefektur di Jepang, seperti dengan tarian tradisional, memainkan musik tradisional, dan lain-lain. Atraksi utama dari Hassaku Matsuri di prefektur Kumamoto yaitu dengan adanya parade tsukurimono (造り物). Tsukurimono adalah semacam patung yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang sebagian besar berasal dari alam, seperti pohon cemara, bambu, dan tanaman liar lainnya. Selama pertunjukkan, tsukurimono ini akan diarak mengitari jalanan kota sambil diiringi dengan musik tradisional.

Berikut berbagai tsukurimono yang dibuat untuk perayaan Hassetsu Matsuri di prefektur Kumamoto pada tahun 2014 ini:

Setelah tsukurimono selesai mengitari jalan kota, satu per satu para pembuat dari tsukurimono akan menjelaskan maksud dari membuat tsukurimono tersebut dan para juri akan menilai manakah tsukurimono yang terbaik.

Bagaimana pendapat Minna-san mengenai festival ini? Festival yang sangat menarik dan dapat meningkatkan kreativitas bukan! Sekian artikel kali ini, sampai jumpa di artikel berikutnya!

Sumber : RocketNews24, Japan Attractions