Halo minna-san! Kalau dilihat dari judul diatas bisa nebak ga apa yang akan kita bahas kali ini? Yap, kali ini kita akan membahas tentang legenda Yatagarasu! Bagi yang ingin tahu scroll kebawah sampai mentok ya!

Jadi menurut beberapa sumber, Yatagarasu merupakan hewan peliharaan dari Ameterasu (dewi matahari). Kemunculannya dipercaya sebagai bentuk campur tangan dewa dalam permasalahan manusia. Contohnya ketika kaisar Jimmu melakukan perjalanan dari Kumano (Wakyama) ke Yamato (Nara), Yatagarasu mengawal dan memberi arahan kepada kaisar Jimmu dalam perjalanannya.

Selain itu Yatagarasu juga terkenal di negara-negara lain loh! Contohnya di Korea sebagai Samjokgo dan di Cina sebagai Sanzuniao. Sementara di Jepang sendiri Yatagarasu masih dihormati loh minna-san, seperti asosiasi sepak bola Jepang (JFA) dan timnas Jepang yang menjadikan Yatagarasu di lencana mereka.

Nah bagaimana pembahasannya minna-san(wah salut ya ama orang Jepang yang masih menghargai budayanya). Nah kita juga harus bisa dong menghargai buday seperti orang Jepang. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya ya! Sayanora!!

Referensi: agrobur, avesnoir