Jak-Japan Matsuri 2014

Konnichiwa Minna-san~ kembali bersama liputan dari Nippon Club! Kali ini Nippon Club juga tidak ketinggalan mengikuti festival jejepangan yang tidak kalah besar, yaitu Jak-Japan Matsuri (JJM). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, puncak acara atau closing event JJM yang dulu diadakan di Monas kali ini pindah ke Parkir Timur Senayan. JJM tahun ini mengangkat tema “INDONESIA-JAPAN ONE TEAM ~Maju Bersama Bergandeng Tangan!~” yang berarti kedua negara (Indonesia dan Jepang) atau masyarakat dari kedua negara merupakan rekan satu tim yang maju melangkah bersama-sama. Penasaran dengan closing event JJM tahun ini? Ayo simak pengalaman yang kami rasakan!

Kami semua sampai di Parkir Timur Senayan sekitar pukul 12 siang. Walaupun cuaca di sana sangat panas, namun tetap tidak menurunkan semangat kami untuk menikmati festival ini. Setelah kami sampai di depan pintu masuk, beruntung kami semua dibagikan kipas secara gratis (seperti tahun-tahun sebelumnya) sehingga kami menjadi tidak terlalu kepanasan. Di depan pintu masuk dan di dalamnya juga terdapat beberapa orang memegang tulisan “Malu Buang Sampah Sembarangan” dan banyak relawan/panitia  yang memungut sampah-sampah di jalanan yang membuat kami kagum.

Di dalam sana kami melihat banyak sekali pengunjung yang mendatangi festival ini. Kemudian kami mengitari berbagai booth yang ada di sana, mulai dari booth makanan khas Jepang yang wajib ada pada setiap festival jejepangan seperti ramen, takoyaki, onomiyaki, onigiri, nasi kari, taiyaki, ringo ame, kakigori, dorayaki, dll. Di sana juga terdapat booth lain seperti booth minuman, pakaian, aksesoris, merchandise, ketrampilan tangan, peralatan elektronik, kendaraan, sampai booth yang menawarkan  perjalanan tur ke Jepang. Dan tentunya banyak sekali para cosplayer yang terlihat berlalu-lalang sambil berfoto-foto dengan pengunjung lainnya.

Setelah puas mengelilingi berbagai booth yang ada, kemudian kami menuju ke stage dan menyaksikan Jakarta KEI-ON yang sedang menyanyi. Dengan semangat mereka membawakan berbagai lagu dari lagu Jepang sampai lagu Indonesia, yang membuat semua penonton ikut bernyanyi dengan semangat. Kemudian acara dilanjutkan dengan pertunjukkan cosplay yang menarik oleh Angeloid dan Opera van Japan.

Sesudah menyaksikan pertunjukkan di stage, kami pergi ke booth makanan untuk makan siang dan beristirahat sejenak. Kemudian kami melihat salju buatan yang dibuat dari balok es yang dimasukkan ke dalam mesin dan disemburkan ke pengunjung. Lumayan mandi salju saat cuaca panas XD.

Dan tidak ketinggalan pada JJM tahun ini juga ada Omikoshi yang akan diarak mengelilingi Parkir Timur Senayan ini.

Saat menjelang malam, turun hujan yang sangat deras sehingga kami pun berteduh di dalam sebuah booth. Setelah hujan mulai mereda para pengunjung langsung mengerumuni stage dan kami pun ikut menuju ke stage. Dan ternyata band terkenal dari Indonesia, J-Rock datang untuk meramaikan JJM pada malam hari. Semua penonton langsung membanjiri sekitar panggung untuk menyaksikan penampilan J-Rock secara langsung dan ikut menyanyi bersama.

Setelah itu kami semua langsung pergi bersiap-siap untuk mengikuti Bon Odori sebagai acara terakhir dari closing event ini. Teman-teman dari Nippon Club juga ikut meramaikan Bon Odori tahun ini. Walaupun sudah malam, kami dan para pengunjung lainnya tetap bersemangat untuk mengikuti Bon Odori yang berlangsung selama satu jam ini.

Sekian laporan dari tim Nippon Club! Terima kasih kepada teman-teman Nippon Club lainnya yang antusias dan ikut meramaikan acara Bon Odori tahun ini. Sampai jumpa di liputan Nippon Club selanjutnya!