Nagasaki Kunchi

Memasuki musim gugur di Jepang, kali ini Nippon Club akan membahas mengenai festival musim gugur terbesar yang ada di Nagasaki, yaitu Nagasaki Kunchi! Penasaran dengan festival ini? Silahkan disimak baik-baik yah!

Nagasaki Kunchi (長崎くんち) adalah festival musim gugur yang diadakan di prefektur Nagasaki, Jepang. Festival ini diselenggarakan secara berkala setiap tahun dan berlangsung selama 3 hari, mulai dari tanggal 7 sampai 9 Oktober. Istilah “kunchi” dalam Nagasaki Kunchi dikatakan berasal dari kata kunichi (9月9日, tanggal 9 bulan 9) menurut kalender lama, dan jatuh pada 7 Oktober menurut kalender Masehi. Bersama-sama dengan Hakata Kunchi dan Karatsu Kunchi, Nagasaki Kunchi termasuk salah satu dari tiga kunchi (festival musim gugur) terbesar di Kyushu.

Lalu apa saja yang ada dalam festival tersebut? Festival Nagasaki Kunchi diadakan di depan kuil Suwa serta tiga kuil lainnya pada jam yang berbeda, dengan menampilkan atraksi kesenian seperti tari-tarian dan arak-arakan yang dibawakan oleh setiap Odori-cho. Odori-cho merupakan kelompok dari setiap kota di prefektur Nagasaki yang menampilkan atraksi saat festival berlangsung. Berjumlah 59 kota (Odori-cho), sekitar 5-7 Odori-cho akan membawakan pertunjukan setiap tahunnya secara bergantian. Setiap Odori-cho pun hanya dapat melakukan pertunjukannya setiap 7 tahun sekali.

Honodori
Honodori
Riverboat
RiverBoat
Orando Manzai
Orando Manzai
Whale Float
Whale Float

Kemudian bagaimana sejarah pertama kali Nagasaki Kunchi diadakan? Menurut berbagai sumber, dikatakan bahwa Nagasaki Kunchi pertama kali diadakan pada tahun 1634 yang bertujuan untuk memberi tekanan kepada para penganut agama Kakure Kirishitan (隠れキリシタン, Kristen Tersembunyi) yang ada di Nagasaki. Namun seiring perkembangan zaman, Nagasaki Kunchi semakin berubah dengan menampilkan atraksi kesenian yang mencerminkankan sejarah dan pengaruh budaya asing di Nagasaki, seperti budaya Cina, Portugal, dan Belanda.

Dutch Ship
Dutch Ship
Kokkodesho
Kokkodesho
Chinese Lion Dance
Chinese Lion Dance
Dragon Dance
Dragon Dance

Bagaimana pendapat Minna-san mengenai festival Nagasaki Kunchi beserta perkembangan budaya-nya? Bagi Minna-san yang tertarik untuk melihat video dari festival ini dapat mengunjungi situs resminya di http://nagasaki-kunchi.com. Sekian artikel kali ini dan sampai jumpa di artikel berikutnya!

( ´ ▽ ` )ノ

Sumber : Wikipedia, Visit Nagasaki