Halo minna! Kembali dengan tim liputan Nippon Club! Kali ini kami akan mengulas tentang HelloFest 10 Anima Expo yang diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu kemarin. Ayo, disimak liputannya!


Day 1


HelloFest 10 Anima Expo adalah salah satu event besar akhir tahun yang diselenggarakan pada tanggal 22 dan 23 November di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Hari pertama HelloFest ditemani dengan langit yang mendung, tetapi untungnya hanya hujan gerimis dan turun sebentar saja. Seolah-olah langit juga mendukung acara ini.

Di sekitar gerbang masuk HelloFest ini berdiri sebuah papan besar berbentuk persegi panjang yang memamerkan komik karya anak bangsa Indonesia yang diikutsertakan dalam acara Homie Cosplay Challenge. Karakter-karakter asli dalam cerita komik tersebut ditantang mengikuti kompetisi cosplay untuk menjadi HoMie, maskot official dari HelloFest.

Tenda-tenda yang berdiri di dalam area pelaksanaan HelloFest memiliki peran-peran yang bervariasi, dari menjual berbagai jenis barang hingga pameran oleh institusi yang mengembangkan dunia animasi di Indonesia. Benda-benda yang dijual tak lain terdiri dari merchandise bergambarkan karakter-karakter anime maupun games, pakaian bernuansa kebudayaan Jepang berupa gambar karakter anime maupun tokoh dalam bidang music Jepang dan pakaian loli, perlengkapan cosplay, aksesoris lucu, dan bahan kerajinan tangan.

Pameran yang diselenggarakan di HelloFest diisi oleh beberapa institusi yang bergerak di bidang animasi atau ilustrasi maupun pengembangannya di Indonesia, antara lain HelloMotion Academy, Carrot Academy, Gakushudo, re:ON, dan Masyarakat Komik Indonesia (MKI). Selain itu, juga ada beberapa penerbit buku seperti Mizan Fantasi dan Haru.

Tidak hanya berdiam di booth masing-masing, beberapa diantara mereka mempresentasikan karyanya di depan panggung di area teater. Di antaranya ada Mizan Fantasi yang menayangkan beberapa trailer movie dari buku yang diterbitannya. Hebatnya adalah, Mizan Fantasi juga memperkenalkan film dengan tokoh pahlawan yang diadaptasi asli dari Indonesia yaitu Garuda, dan tidak kalah keren dari film aksi pahlawan luar negeri. Selain film yang akan tayang pada bulan Januari tahun 2015 mendatang, komik cerita pahlawan yang satu ini juga akan segera diterbitkan di bulan Desember 2014.

kiri: model dalam kostum sang pahlawan dan partnernya
kanan: dari kanan ada produser, executive producer, sutradara sekaligus penulis naskah film Garuda, dan tiga aktris yang bermain dalam film tersebut

Ada juga, dari Chikita Fawzi dan Aditya P. yang memperkenalkan animasi karya mereka yaitu Kembang dan Gula. Tokoh dalam animasi tersebut diambil dari kue tradisional yang ada di Indonesia dan ceritanya bersifat mendidik bagi anak-anak.

Di area dengan tenda-tenda yang menjual makanan, sebagian besar menjual makanan khas Jepang, yaitu okonomiyaki, takoyaki, udon, soba, ramen, nasi dalam kemasan bentō dengan chicken katsu, kakigori, dan dorayaki. Meja dan kursi juga disediakan bagi pengunjung untuk digunakan saat makan.

Sekarang saatnya membahas tentang hal yang selalu hadir dan tidak boleh ketinggalan dalam sebuah event jejepangan, yaitu cosplay. HelloFest menyediakan panggung Kostumasa, sebutan untuk pengunjung dengan berpakaian cosplay, bagi kostumasa untuk menunjukkan dirinya dan beraksi seperti karakter yang dicontohnya. Banyak cosplayer yang keren dengan detail-detail kostumnya sehinga yang sederhana sekalipun bisa menarik perhatian pengunjung lainnya.

Cosplayer yang hadir di tempat tidak hanya orang Indonesia juga lhoo, ada cosplayer yang adalah warga dari negara asing. Selain kostumasa, beberapa staff yang ada dibalik booth mereka juga berpakaian cosplay yang berhubungan dengan kegiatan booth mereka, seperti yang ada di booth re:ON. Setiap cosplayer bermurah hati dan siap diambil fotonya bagi pengunjung yang meminta, dan mereka juga berekspresi untuk menambah kesan yang lebih bagus.

Seperti biasa, pengunjung HelloFest ramai sekali, dan bervariasi umurnya. Ada yang datang bersama teman-temannya, ada yang datang bersama keluarganya, membawa anak-anak mereka ikut serta melihat-lihat event ini, bahkan ada yang sambil membawa kereta bayi. Keadaan HelloFest selalu ramai oleh pengunjung dari pagi sejak acara dimulai hingga malam hari sebelum acara ditutup.


Day 2


Hari kedua HelloFest dipenuhi oleh lautan manusia… Jumlah pengunjung hari ini lebih banyak dari hari sebelumnnya. Desak-desakan dan cuaca yang panas membuat mental dan semangat kami benar-benar diuji disini. Untung saja stand-stand, acara di stage serta para cosplayer berhasil menyembuhkan semangat kami.

Setelah akhirnnya berhasil melewati pintu masuk, kami langsung memulai “kegiatan rutin” yaitu… Hunting Cosplayer!!



NAH!! Disini kami mendapat sebuah kejutan yang tidak disangka-sangka, yaitu munculnnya Roli Angel di tengah kerumunan. Roli Angel adalah sebuah idol group dengan genre 2.5D beranggotakan Roli (ロリィ), Shake (シェイク), Lemon (レモン) dan Ice (アイス) yang berasal dari Nagoya, Jepang. Sulit sekali untuk mengabadikan mereka karena banyak pengunjung yang ingin berfoto bersama. Oleh karena itu, kami mengirim beberapa staff kami untuk berfoto bersama mereka.

Roli Angel

dari kiri: Ice, Shake, Roli, Lemon

Setelah berfoto bersama, mereka meminta kami (dan semua pengunjung yang berfoto bersama) untuk tidak lupa menonton konser mereka pukul 4 sore. Kami pun segera “booking” tempat di main stage sambil berdesak-desakan. Sesampainnya di main stage, kami disambut dengan pertunjukan-pertunjukan dari Kostumasa Team Show. Aksi-aksi mereka yang keren dan lucu benar-benar membuat kami lupa akan panasnya terik matahari.

Acara tersebut dilanjutkan dengan Parade Funtasy yang merupakan koleksi film pendek semi finalis HelloFest.

Akhirnnya tiba juga saat untuk menetapi janji, yaitu konser live dari Roli Angel. Tapi sebelum itu, kami disambut terlebih dahulu oleh Rachel Florencia , penyanyi dari Indonesia yang membawa single pertamannya “1000 Tahun Cahaya”.

Kalau mau lebih jelasnya bisa di stalk cek di sini

Suasana di panggung yang sudah memanas berkat Rachel semakin dipanaskan dengan kemunculan Roli Angel yang membawakan 5 lagu yaitu: Theme of Roli Angel, Jan Jan Jaba Jaba wearing Bikini, Wind Up, Firefly on the way home (Lagu Kunang-kunang) dan Gururin Party of Love. (Source)

Mau tau lebih jelas? Cek website mereka di sini

Sekian laporan dari tim liputan Nippon Club! Semoga tahun kedepannya HelloFest bisa menjadi lebih baik lagi dari yang sekarang. Sampai jumpa di liputan Nippon Club selanjutnya~