Iya, jutaan rupiah. Minna pasti bertanya-tanya, apakah mungkin daging bisa dijual dengan harga semahal itu. Well, di Jepang ternyata ada sejenis sapi yang dijual dagingnya dengan harga yang mahal, yaitu Wagyu.


Source: dedriemorgen

Wagyu, jika diterjemahkan secara harfiah artinya Sapi Jepang (Wa = Jepang, gyu = sapi). Yang membedakan wagyu dengan daging sapi yang lainnya adalah adanya “marbling” di daging tersebut. Marbling (pemarmeran) adalah daging yang mengandung lemak intraotot, sehinga menghasilkan pola mirip marmer pada daging. Di beberapa negara, harga daging ditentukan dengan melihat konten marmer dari daging tersebut.


Source: agrogenetika

Marbling dapat memberi 2 manfaat kepada daging. Dengan marbling, daging menjadi lebih mudah dikunyah. Kesel kan kalo kadang daging susah dikunyah dan ujung-ujungnya harus ditelan begitu saja? Wkwkwk. Manfaat kedua adalah daging dengan konten marmer tinggi lebih mudah dipakai untuk masak-masak. Marbling memudahkan flavoring untuk menyebar ke seluruh bagian daging.

Selain marbling, daging wagyu juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang lebih tinggi dibandingkan daging yang lainnya. Asam lemak ini sangat bermanfaat untuk melawan beberapa jenis penyakit seperti asthma, diabetes, osteoporosis, dan kolestrol tinggi.

Lalu apa yang bikin sapi wagyu begitu mahal? Sapi wagyu dipelihara dengan cara yang sangat berbeda dibanding sapi-sapi yang lainnya. Mereka diberi treatment khusus seperti massage. Selain biji-bijian, mereka juga diberi vitamin A, B, E, dan kalsium agar kesehatannya tetap maksimal. Lebih mengejutkan lagi, mereka juga sering diberi sake atau bir! Hal ini dilakukan untuk membantu sistem pencernaan sapi Wagyu dan menghindari kram otot. Dengan begitu, akan dihasilkan daging yang tidak keras dan tekstur yang lebih lembut.


Source: gnaprime

Sapi Wagyu bisa menghasilkan beberapa jenis daging seperti daging Kobe, Matsuzaka, Mishima, Omi, dan Ishigaki. Daging-daging ini pastinya dijual dengan harga yang luar biasa mahal, seperti daging Matsuzaka yang dijual dengan harga 10.000 yen (kira-kira 1,2 juta rupiah) per 150 gram!

Meskipun mahal, daging sapi Wagyu selalu meninggalkan rasa yang tidak terlupakan setiap orang yang pernah memakannya.


Source: frvbali

Source: Wikipedia, Tribun News, J-Cul