Halo mina-san! Jepang dikenal sebagai negara yang punya aturan-aturan yang cukup ketat. Contohnya tidak boleh masuk kuil dengan alas kaki. Tapi diantara aturan-aturan tersebut, terdapat aturan yang hanya berlaku untuk wanita. Berikut adalah beberapa aturan tersebut:

1. Mendaki gunung Omine sampai puncak

Buat yang belum tahu, gunung Omine adalah salah satu gunung di Jepang yang masuk dalam situs warisan budaya UNESCO. Alasan para wanita tidak boleh ke puncak gunung ini adalah tradisi Shinto yang konon katanya wanita bisa mengalihkan perhatian para laki-laki dari tugasnya.

2. Memasuki arena sumo & mengikuti pertandingannya

Alasannya dikatakan karena wanita merusak kemurnian arena sumo. Tapi sejak abad 18, terdapat sumo khusus wanita yang disebut onnazumo walaupun tidak boleh mendapat status profesional.

3. Tinggal di capsule hotel

Sebenarnya alasannya cukup simple. Capsule hotel ini target pasarnya adalah para pekerja (laki-laki) yang sudah ketinggalan kereta untuk pulang (entah karena lembur atau kelamaan minum). Walaupun faktanya kalian tetap bisa menemukan sedikit capsule hotel yang melayani wanita.

4. Jadi koki sushi

Untuk yang ini ada dua versi alasan. Pertama karena tangan wanita lebih hangat dari tangan laki-laki sehingga bisa merusak rasa dari sushi itu sendiri. Kedua karena wanita memiliki persepsi rasa yang tidak tetap diakibatkan oleh pola menstruasi yang mereka miliki.

Source : Rocket News 24