Gambar All chara

Gugure! Kokkuri-san adalah salah satu anime komedi terlucu (menurut saya) musim ini. Dalam anime ini banyak sekali lawakan-lawakan tingkat tinggi tiap episodenya tetapi juga ada momen-momen serius dan sedih walaupun pada akhirnya jadi lucu lagi. Daisuke Ono yang musim lalu memerankan Handa Seishuu di Barakamon kembali mendapatkan peran utama di anime ini.

Menceritakan tentang kehidupan Kohina Ichimatsu, seorang gadis SD tanpa ekspresi yang tinggal sendirian, menganggap dirinya sebagai boneka, dan tidak makan apa-apa selain mie instan. Suatu hari, ia memainkan permainan Kokkuri dengan sendirian dan memanggil roh rubah Kokkuri-san yang setelah melihat gaya hidup Kohina yang tidak sehat itu, akhirnya memutuskan dirinya sendiri untuk menjaga dan membesarkan Kohina dengan baik. Jadi mulailah kehidupan baru Kohina yang dihantui oleh berbagai roh yang unik.

Lagu Opening dan Ending yang Catchy

Gambar Disco

Lagu opening dari anime ini dinyanyikan oleh 3 roh “hentai” utama (Daisuke Ono, Takahiro Sakurai, dan Joji Nakata). Lagu disko yang benar-benar asyik dan tentu saja memanjakkan telinga para penonton wanitanya. Sedangkan lagu ending-nya adalah lagu ballad yang dinyanyikan oleh Suemitsu Atsushi yang benar-benar menyentuh perasaan setelah dihujani lawakan-lawakan selama 20 menit.

Karakter-Karakter yang Super Aneh dan Kocak

1. Kohina Ichimatsu

Gambar Kohina

Anak kecil kesepian yang suka makan mie instan (koleksi mie instannya segudang) ini benar-benar ga ada ekspresi sama sekali (maybe she is a living doll or something). Sampai-sampai Kokkuri-san memarahinya dan memberitahu kalau makan mie instan tiap hari itu gak sehat buat pertumbuhan (not effective enough). Tapi ada juga momen-momen tertentu yang bisa membuat Kohina terketuk pintu hatinya dan matanya pun berubah (I’m always waiting for this moment in each episode).

2. Kokkuri-san

Gambar Kokkuri-san

Roh rubah ikemen ini adalah roh yang memutuskan untuk mengubah hidup Kohina yang suram. Walaupun ikemen tapi Kokkuri-san pandai dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan juga sangat memperhatikan penampilannya (terutama wajah dan bulunya). Kokkuri-san bisa berubah menjadi apa saja tapi dia sering kali berubah jadi rubah (agar bisa dielus Kohina) dan juga pernah berubah menjadi bishoujo dan shota karena terkena kutukan. Kokkuri-san sering kali berkelahi dengan Inugami dan Shigaraki.

3. Inugami

Gambar Inugami

Roh anjing yang sangat mengagumi Kohina karena hanya Kohina lah yang memperhatikan dia dulu saat masih menjadi anjing. Inugami mungkin adalah roh yang paling “hentai” diantara roh lainnya. Inugami juga kadang-kadang bisa jadi “S” ataupun “M” dan juga Inugami memiliki 3 wujud yaitu wujud ikemen, wujud bishoujo (kalau Kohina lebih suka rute yuri), dan wujud anjing (agar bisa diajak jalan-jalan sama Kohina). Inugami akan melakukan segala cara hanya agar Kohina mencintainya (it is the real hentai after all). Inugami juga mempunyai berbagai macam hal yang berhubungan dengan Kohina di kandangnya (it is the true fanboy).

His catchphrase is “Waga Kimiiiiiiiii”.

4. Shigaraki

Gambar Shigaraki

Roh Tanuki yang sangat malas, kerjanya minum doang, dan dia itu NEET. Dulunya, dia adalah teman satu kamar Kokkuri-san. Walupun sifatnya buruk, kalau melihat anak-anak atau gadis dalam kesulitan dia pasti membantu. Shigaraki memiliki 4 wujud yaitu wujud oji-san (normal), oji-san (Kohina mode), tanuki 1st (benar-benar sangat seram sekali), dan tanuki 2nd (yang lucu). Dia juga sering menggoda Inugami (bishoujo mode) dan Kokkuri-san (bishoujo mode).

Unik dan Membekas di Hati

Gambar that eyes

“Salah satu momen emosional”

Dari episode 1-12, anime ini selalu memberikan lawakan-lawakan yang fresh tiap episodenya. Banyak juga referensi-referensi dari film atau anime lain yang tentu saja menambah kekocakan dari anime ini sendiri. Momen sedih dan menyentuh diakhir-akhir juga membuat saya sedikit tersentuh. Banyak juga pesan moral yang disampaikan oleh karakter-karakter di anime ini yang bisa kita terapkan di dunia nyata. Untuk yang belum nonton anime yang “underrated” ini, segeralah nonton karena saya jamin “Gugure! Kokkuri-san” benar-benar lucu dan membekas di hati….

Gambar Shigaraki & Kohina

“Yang mana Kohina asli?”

(Rin-kun)