Gambar Kaneki's Red Eye

Akhirnya sekuel yang ditunggu-tunggu tayang juga. “Tokyo Ghoul √A” adalah season kedua dari anime “Tokyo Ghoul” yang tayang musim panas 2014 lalu. Ending season satu yang mengantung dan isu-isu tentang season kedua tentu saja membuat “Tokyo Ghoul √A” menjadi semakin hype sebelum tayang. Here is my first impression:

Gambar opening

Opening yang simpel tapi “deep”

Dimulai dari opening scene terlebih dahulu yang super simpel dan hanya terfokus pada Kaneki yang menyentuh wajahnya lalu berubah menjadi ghoul. “The simplest anime opening scene that I ever see” kata-kata itu yang langsung terbayang dipikiran saya tapi lagu openingnya benar-benar mempunyai pesan yang dalam (dengan alunan piano dan drum yang membuat merinding) dan jujur membuat saya tersentuh seakan-akan saya bisa merasakan apa yang Kaneki rasakan.

Gambar Ayato-san

My favorite male character in this anime

Seperti biasa, saya selalu menantikan lebih banyak scene battle dari Ayato. Ayato pada episode kali ini benar-benar keren dan sadis. Dia sampai melakukan tindakan kanibalis terhadap kakak perempuannya sendiri, Touka.

Gambar Kaneki dan Touka

Our badass hero saved our heroine

Kaneki rambut putih akhirnya muncul juga bak seorang pangeran yang menyelamatkan seorang putri yang ingin dibunuh penjahat. Mungkin di season kedua kali ini, kita tidak akan lagi bisa melihat Kaneki yang ceria dan bersahabat (ini Kaneki atau Inaho ya?). Kaneki menjadi super badass dan cool di episode kali ini (Ayato saja sampai kalah).

Gambar tatapan maut

Kaneki’s Rape Face

Dari segi desain karakter juga tidak ada yang berubah karena studio Pierrot yang menangani animasi dari “Tokyo Ghoul √A” setelah sebelumnya menangani animasi dari “Tokyo Ghoul”. Karakter-karakter baru juga sudah mulai muncul pada episode kali ini.

Gambar walkaway

Kaneki bergabung dengan Aogiri

Pada akhirnya Kaneki meninggalkan Touka dan Anteiku, tentu saja untuk bergabung dengan Aogiri. Touka pun tentu saja tidak mengerti akan keputusan yang diambil oleh Kaneki (saya juga tidak mengerti). Final moment yang menyentuh ini juga diakhiri oleh lagu berbahasa inggris yang menyentuh.

Rute original yang disebut-sebut sebelumnya menjadi kenyataan. Mungkin makna dari “√A” (root A) sendiri adalah route Aogiri. Plot changed yang mengagetkan sudah muncul di episode pertama. Bagi yang sudah membaca manga-nya sepertinya harus menonton “Tokyo Ghoul √A” karena akan banyak kejadian-kejadian yang berbeda dari manga-nya (mungkin Kaneki tidak jadi koper di akhir episode).

(Rin-kun)