“Encore! Encore! Encore!” Kira-kira begitulah suara yang terdengar di Universitas Indonesia pada 9 Agustus kemarin. Konser Silent Siren atau yang akrab disapa sebagai Saisai, memang mengguncang serta memeriahkan acara GJUI kemarin dengan sangat wow.

GJUI atau biasa disebut sebagai Gelar Jepang Universitas Indonesia merupakan acara tahunan fakultas sastra jepang Universitas Indonesia. Acara yang sudah merupakan tradisi dari sekitar 20 tahun lalu ini, kali ini cukup mengguncang. Pasalnya GJUI pada tahun ini mengundang artis dari negeri Jepang, yang bernama Silent Siren sebagai pengisi acara pada hari terakhir. Tak lupa juga, GJUI pada tahun ini juga mengundang Hobiron, yang merupakan Tomodachi angkatan ke 14 sebagai salah satu pengisi acaranya pada hari terakhir.

Hobiron

Acara pada hari terakhir dimulai dari sekitar pukul 9. Namun walaupun acara baru saja dimulai pada jam 9, antrian tiket OTS masuk sudah cukup panjang. Panjangnya antrian GJUI ini konon bila dihitung-hitung jauh lebih panjang dari antrian AFA. Berbeda dengan mereka yang membeli tiket sebelum hari-H, atau sudah menukarkan tiket. Antrian penukaran struk bukti pembelian tiket dan yang sudah menukarkan tiket, terbilang cukup sepi. Bahkan diri saya yang masuk sekitar pukul 10, hanya menunggu sekitar 10 menit.

Area acara sendiri dibagi menjadi 3 jenis area, area penjualan merchandise, area penjualan makanan, dan area panggung. Pada area penjualan merchandise, kita bisa membeli barang-barang seperti kostum untuk cosplay, buku belajar bahasa Jepang, dan berbagai benda kebudayaan Jepang lainnya. Lalu di area makanan, kita bisa menikmati makanan-makanan khas Jepang seperti, Kakigoori, Ramen, Udon, dan banyak lainnya.

Di panggung sendiri terdapat beberapa acara seperti dance cover, perform oleh Lumina Scarlet, cosplay tokusatsu di atas panggung, pertunjukan band, dan juga komedi. Lalu pada malam harinya dilanjutkan dengan perform oleh Obake, Hiroaki Kato, kontes Kawaii Model Japan, dan terakhir Silent Siren sebelum akhirnya ditutup dengan kembang api, yang menandakan berakhirnya rangkaian acara GJUI.


Obake

Hiroaki Kato

Silent Siren

Secara keseluruhan, GJUI merupakan sebuah acara yang dikemas dengan sangat baik oleh panitia GJUI sendiri. Dimulai dari skala acara yang cukup besar, dan juga mereka mampu untuk mengundang beberapa artis mancanegara seperti Silent Siren, Hiroaki Kato, dll. Lalu beberapa hal lain yang cukup bisa dibanggakan adalah harga tiket masuk yang terbilang cukup murah (Rp 15.000,00 untuk pre-sale dan Rp 20.000,00 untuk OTS) tetapi tetap menyajikan acara yang cukup baik, serta kualitas audio yang cukup bagus untuk perform band-nya. Sekian liputan dari tim Nippon Club kali ini dan sampai jumpa di liputan Nippon Club berikutnya!