[Liputan] TKA Nippon Club 2015: Nippon no Gakuen
NC RELATED - Thursday, September 17, 2015 | 9:20 am

Kembali lagi dengan liputan Nippon Club! Kali ini kami akan membahas event yang baru saja diadakan Nippon Club, yaitu TKA (Temu Keakraban Anggota) 2015. Event ini diadakan pada tanggal 13 September 2015 kemarin di BINUS University Kampus Syahdan dengan tema Nippon no Gakuen.

Ceritanya para member baru memasuki masa orientasi di sekolah Nippon no Gakuen. Tujuan dari masa orientasi ini untuk mengenalkan apa saja kelas-kelas dan komunitas-komunitas yang ada di Nippon Club. Setiap murid baru dibagi menjadi 16 kelas, dimulai dari kelas 1-A sampai dengan kelas 1-P.

Acara dimulai dengan pembukaan dari dua MC anti-mainstream yaitu Ardev-senpai dan Yuli-senpai, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Stevanus Fanius sang ketua OSIS (ketua Nippon Club) dan sambutan dari Kevin Ress sang kepala sekolah (ketua event TKA tahun ini). Kemudian para murid harus mengikuti games yang ada di setiap ruang kelas untuk mendapatkan tanda tangan dari sensei Nippon no Gakuen. Setelah itu para murid kemudian diarahkan oleh beberapa senpai ke ruang kelas masing-masing. Terdapat dua grup dalam setiap ruang dan beberapa ruang diharuskan untuk memainkan games yang diberikan oleh para sensei.

Ruang L2A merupakan ruang komunitas Action Figure dan TCG (Trading Card Game). Di ruang ini para murid dikenalkan dengan komunitas Action Figure dan TCG Nippon Club, mulai dari apa saja aktivitasnya, dan beberapa vendor yang bekerja sama dengan Nippon Club. Untuk kelas TCG diajarkan bagaimana cara bermain Cardfight!! Vanguard, WIXOSS dan Magic the Gathering. Untuk kelas Action Figure bisa diajarkan bagaimana cara merakit Gundam dan mengambil foto action figure dengan benar.

Ruang L2B merupakan ruang Media Nippon Club. Di ruang ini para murid dikenalkan dengan komunitas Tomodachi (band dari Nippon Club) dan Shibuya Radio (siaran radio online Nippon Club). Di ruang ini ada satu Tomodachi Nippon Club yaitu Astonish Me yang memainkan instrumen lagu-lagu anime, dan para murid harus menebak lagu instrumen tersebut sesuai dengan pertanyaan yang diberikan. Pemenang yang mendapatkan tanda tangan dari sensei yaitu grup yang paling banyak menjawab pertanyaan dengan benar.

Ruang L3A merupakan ruang komunitas Cosplay Nippon Club. Di ruang ini para murid diperkenalkan dengan komunitas Cosplay Nippon Club. Permainan di ruang ini yaitu membuat kostum dengan bahan yang telah disediakan dan salah satu murid dari setiap grup harus mengenakan kostum tersebut. Pemenang dari games ini adalah grup yang membuat kostum paling mirip dan paling bagus.

Ruang L3B merupakan ruang OSIS Nippon Club. Di ruang ini para murid menonton video yang menceritakan pengalaman yang akan dirasakan ketika nanti menjadi aktivis di Nippon Club, setelah itu diperkenalkan dengan kepengurusan internal Nippon Club dan dijelaskan job desk dari masing-masing divisi.

Ruang L3C merupakan ruang kelas Board Games, yaitu shogi dan igo. Pertama-tama para murid harus dijelaskan cara bermain shogi dan igo, kemudian memainkan games tersebut sesuai dengan aturan yang diberikan. Untuk shogi, terdapat beberapa papan shogi dengan posisi start, finish dan hambatan yang berbeda-beda. Setiap grup harus menjalankan shogi milik mereka sampai ke titik tujuan dengan menggunakan bidak yang ada dan tanpa mengenai hambatan (bidak lawan) tersebut. Untuk igo, setiap grup harus berbaris menghadap ke belakang dan salah satu murid dari masing-masing grup akan melawan sensei dalam pertandingan igo. Papan igo tersebut telah disusun dengan posisi tertentu. Apabila murid tersebut tidak dapat mengurung igo milik sensei, maka orang tersebut diganti dengan orang yang berbaris selanjutnya. Pemenangnya adalah grup yang menyelesaikan board games terbanyak.

Ruang L3D merupakan ruang kelas bahasa Jepang. Di ruang ini terdapat kartu nishikana (kartu hiragana Nippon Club) yang tertutup dan para murid dari setiap grup harus mencari kartu yang diminta para sensei dalam jangka waktu tertentu. Setelah itu, setiap grup harus menyusun kata-kata dari kartu yang berhasil dikumpulkan dan mengetahui arti dari kata-kata tersebut. Pemenangnya adalah grup yang mengumpulkan poin terbanyak dari hitungan kartu yang didapat dan kata-kata yang berhasil dibuat.

Ruang L3E merupakan ruang kelas manga. Di ruang ini para murid berbaris dan satu-satu maju untuk menggambar sebuah karakter yang telah diberikan, namun setiap orang hanya boleh menggambar satu goresan saja. Pemenangnya adalah grup dengan gambar karakter yang paling mirip dan paling rapi.

Ruang L3F merupakan ruang kelas handicraft. Di ruang ini dikenalkan kelas handicraft yang ada di Nippon Club, yaitu Kusudama, Washi Ningyo, Flanel dll. Games dari ruang ini yaitu para murid dari setiap grup harus membuat Kusudama dengan menempel kertas dengan lipatan yang benar. Pemenangnya adalah grup yang membuat Kusudama terbagus dan terbanyak.

Setelah semua ruang sudah dikunjungi, para murid diberikan waktu free time. Di waktu ini para murid bebas berkeliling ruang-ruang untuk mengikuti workshop yang ada, bertanya lebih lanjut mengenai informasi kelas dan komunitas Nippon Club, dan mendaftar komunitas tersebut.


Free time komunitas TCG

Free time komunitas Action Figure


Free time komunitas Tomodachi

Workshop pemakaian yukata


Workshop igo

Workshop shogi


Free time kelas manga

Free time kelas bahasa (main nishikana)


Menulis shodo

Kemudian para murid kembali berkumpul di parkir timur Syahdan untuk acara penutupan. Setelah tanda tangan dari masing-masing grup selesai dihitung oleh panitia, akhirnya tiba saat pengumuman pemenang juara 1 sampai 3. Karena ada tiga grup dengan nilai tertinggi dan sama nilainya, akhirnya penentuan juara ditentukan oleh undian.


Juara 3

Juara 2

Juara 1

Juara 3 dimenangkan oleh kelas 1-B, juara 2 dimenangkangkan oleh kelas 1-G, dan juara 1 dimenangkan oleh kelas 1-K. Perwakilan grup dari juara 1 sampai 3 maju untuk diberikan hadiah berupa berbagai macam snack (dengan harga yang berbeda tentunya).

Sebagai bukti kelulusan masa orientasi, semua murid dari setiap kelas kemudian diberikan penghargaan berupa pemberian medali dan penulisan nama masing-masing murid dengan shodo (kaligrafi Jepang).


1-A

1-B


1-C

1-D


1-E

1-F


1-G

1-H


1-I

1-J


1-K

1-L


1-M

1-N


1-O

1-P

Dan pembagian hadiah terakhir kepada salah satu pendaftar TKA beruntung yang mendapatkan hadiah sebuah Gundam!

Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara ditutup dengan Bon Odori dari panitia TKA bersama dengan seluruh member Nippon Club yang mengikuti TKA.

Sekian liputan dari Nippon Club, terima kasih banyak kepada seluruh panitia, volunteer dan member yang telah ikut memeriahkan acara ini. Nantikan event-event Nippon Club berikutnya!


Share this:

CHECK THIS OUT!!
NC RELATED - Friday, March 16, 2018 | 3:54 pm
NC RELATED - Thursday, December 21, 2017 | 5:16 pm
NC RELATED - Sunday, December 17, 2017 | 2:12 pm
NC RELATED - Sunday, November 12, 2017 | 9:19 pm
Top