Sebagian dari kalian mungkin pernah mendengar lagu “Just be Friends” yang dilantunkan oleh Megurine Luka. Dalam video musik lagu tersebut, terdapat benang merah yang menghubungkan kedua pasangan. Apakah kalian tahu makna dari benang merah tersebut?

Benang merah tersebut merupakan salah satu legenda di Jepang yang disebut juga dengan “Unmei no Akai Ito” yang berarti Benang Merah Takdir. Legenda ini merupakan kepercayaan Jepang yang sebetulnya berasal dari Cina. Menurut legenda, para Dewa mengikat tali yang tidak terlihat pada pergelangan kaki dari kedua orang yang ditakdirkan untuk bertemu satu sama lain pada situasi yang pasti atau pada saat menolong satu sama lain. Dalam budaya orang Jepang, benang ini biasanya diikat pada jari kelingking.

Kedua orang yang terhubung oleh benang merah ini adalah pasangan takdir. Biarpun terpisah dengan jarak, waktu, atau berbagai kondisi, benang merah tersebut dapat memanjang dan kusut namun tidak akan pernah putus. Karena itulah ada pasangan yang sering bertengkar ataupun putus namun tetap bersama hingga akhir hayat, bisa jadi dikarenakan benang merah takdir mereka terhubung.

Ada suatu kisah yang mengenai benang merah takdir ini yang melibatkan seorang anak laki-laki. Pada suatu malam saat perjalanan pulang, anak laki-laki tersebut bertemu dengan seorang pria tua yang berdiri di bawah sinar rembulan. Pria tua itu menjelaskan pada anak tersebut bahwa ia terikat dengan istri yang ditakdirkan bersamanya dengan seutas benang merah. Kemudian pria tua tersebut menunjuk seorang anak perempuan yang ditakdirkan bersama dengan anak laki-laki tersebut. Karena masih muda dan tidak tertarik memperistri seseorang, anak laki-laki tersebut melempar batu pada anak perempuan tersebut dan melarikan diri.

Beberapa tahun kemudian, anak laki-laki ini sudah tumbuh besar dan orang tuanya menyusun pernikahan untuknya. Pada malam pernikahannya, istrinya menunggunya di kamar mereka dengan mengenakan cadar tradisional yang menutupi wajahnya. Saat menaikannya, pria tersebut sangat senang karena istrinya merupakan salah satu wanita paling cantik di desanya. Namun, terdapat riasan di bawah alisnya. Pria tersebut menanyakan kenapa ia menggunakannya dan istrinya menjawab kalau saat ia masih muda, seorang anak laki-laki melemparkan batu dan meninggalkan bekas di bawah alisnya. Dan ternyata, istrinya tersebut merupakan anak perempuan yang ditunjuk oleh pria tua waktu itu pada saat mereka masih muda. Menunjukkan kalau mereka terhubung oleh benang merah takdir.

Yang namanya jodoh memang tak lari kemana, pasangan takdir akan selalu terhubung dengan kalian walaupun tanda-tandanya belum kelihatan. Bisa jadi kalian terpisahkan oleh jarak dan waktu dan mungkin pasangan takdir kalian sudah berada dekat dengan kamu. Yang belum menemukan pasangan, tetap semangat!

Source : Wikipedia