Jepang yang dikenal sebagai negara maju dan modern ternyata tidak meninggalkan tradisinya. Salah satu tradisi yang terkenal adalah Omamori.

Omamori berasal dari kata “Mamori” yang artinya perlindungan. Biasanya terbuat dari kertas atau kayu, dan jimat yang modern biasanya berbentuk kecil dan berupa kantung kain. Dikarenakan bentuknya yang kecil, Omamori sering digantung pada tas, ponsel, atau kaca spion dalam mobil.

Dan ternyata Omamori ada banyak jenisnya loh :

1) Yakuyoke


Omamori yang fungsinya untuk melindungi diri dari gangguan setan

2) Kaiun

Untuk mendapatkan keberuntungan, agar keberuntungannya lebih baik

3) Gakugyo-Joju

Fungsinya untuk hal pendidikan seperti untuk lulus ujian masuk untuk murid atau mahasiswa

4) Shobai Hanjo

Omamori yang fungsinya untuk sukses dalam bisnis dan hal keuangan lainnya

5) En Musubi

Fungsinya adalah agar mereka yang belum punya pasangan dapat bertemu dengan jodohnya secepat mungkin dan untuk memastikan cinta serta pernikahan untuk yang sudah menikah

6) Anzan

Perlindungan untuk ibu hamil agar kandungannya sehat dan dapat melahirkan dengan lancar

7) Kotsu Anzen


Untuk keselamatan perjalanan, perdamaian, dan kemakmuran dalam sebuah keluarga

Fakta yang menarik lainnya adalah, Omamori tidak boleh dibuka untuk menghindari hilangnya perlindungan dari Omamori tersebut, dan harus dibawa oleh satu orang saja, atau harus diikat pada tas, dompet, dan lainnya. Omamori diganti setahun sekali untuk menghindari kesialan dari tahun sebelumnya. Jimat yang lama biasanya dikembalikan pada kuil tempat jimat tersebut dibeli agar dapat dibuang secara tepat.

Omamori juga tidak boleh dibuang di tempat sampah, membuangnya di tempat sampah merupakan tindakan yang sangat hina dan tidak terhormat. Jika melakukanya dikatakan dapat mendatangkan kesialan…

Source: Wikipedia