Kalian pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama Yuki-Onna. Wanita salju dari negeri sakura ini banyak muncul dalam serial anime seperti Nurarihyon no Mago dan Jigoku Sensei Nube. Tapi, apa kalian sebenarnya tahu tentang Yuki-Onna ?

Yuki-Onna adalah yokai atau makhluk halus yang dipercaya hanya muncul di cuaca bersalju. Yuki-Onna dideskripsikan sebagai sosok wanita cantik dengan kulit pucat seputih salju, berambut hitam panjang, dan bibir biru pucat. Namun dibalik paras cantiknya, matanya dapat meneror manusia dan diceritakan memburu manusia untuk dibunuh dengan cara dibekukan oleh hembusan nafasnya.

Yuki-Onna pertama kali muncul dalam kisah yang ditulis oleh Lafcadio Hearn, Jurnalis Yunani yang kemudian pindah ke Jepang dan mengganti namanya dengan Koizumi Yakumo. Dalam kisah yang ditulis olehnya, diceritakan bahwa ada dua orang penebang kayu bernama Mosaku dan Minokichi. Minokichi masih muda sedangkan Mosaku sudah tua. Suatu hari dalam perjalanan pulang usai menebang kayu, badai salju muncul sehingga mereka terjebak dan tidak bisa pulang. Untungnya, mereka menemukan pondok dan memutuskan untuk bermalam disana.

Pada tengah malam, Mosaku terbangun dan melihat sesosok wanita cantik dalam balutan kimono putih. Wanita tersebut lalu menghembuskan nafas dinginnya ke arah Mosaku dan membunuh pria tua tersebut. Setelah membunuh Mosaku, ia mendekati Minokichi dan hendak membunuhnya juga. Namun, ia memutuskan untuk tidak membunuh Minokichi karena ia masih muda dan berparas tampan. Sehingga ia mengancam Minokichi untuk tidak memberitahukan keberadaannya atau ia akan kembali untuk membunuh Minokichi.

Bertahun-tahun kemudian, Minokichi bertemu dengan wanita cantik bernama Oyuki (Yuki=Salju) dan mereka menikah. Mereka memiliki beberapa anak dan hidup bahagia. Oyuki merupakan istri yang baik dan anehnya setelah bertahun-tahun menikah, Oyuki tidak menunjukan tanda-tanda penuaan.

Pada suatu malam, Minokichi menceritakan kepada istrinya kalau ia pernah bertemu dengan sesosok wanita seperti Oyuki. Minokichi sesungguhnya tidak tahu apakah itu hanya mimpi atau benar-benar terjadi. Mendengar pernyataan tersebut, Oyuki marah dan mengaku kalau wanita yang dilihatnya saat itu adalah dirinya. Namun pada akhirnya, Yuki-Onna tak dapat membunuh Minokichi karena memikirkan kehidupan anak-anak mereka. Yuki-Onna kemudian berpesan kepada Minokichi untuk merawat anak-anak mereka kemudian meleleh dan lenyap. Tidak ada yang mengetahui keberadaannya lagi.

Itulah kisah tentang Yuki-Onna yang pertama kali muncul. Setelahnya Yuki-Onna menjadi salah satu yokai paling terkenal di Jepang dan banyak versi lain bermunculan. Apakah menurut kalian Yuki-Onna memang nyata ?

Source : Wikipedia