Source: Panoramio

Perayaan natal telah dirayakan oleh masyarakat Jepang selama beberapa dekade. Namun, perayaan natal tidak dianggap sebagai hari yang religius karena sedikitnya penduduk Jepang yang beragama Kristen dan Katholik. Walaupun begitu, beberapa tradisi dari negara Barat seperti mengirim dan menerima kartu ucapan natal dan hadiah juga populer di Jepang.


Photograph by: Kazuhiro Nogi

Di Jepang, hari natal lebih dikenal sebagai waktu untuk menyebarkan kebahagiaan dibanding sebagai perayaan religius. Malam natal atau Christmas Eve lebih sering dirayakan dibanding hari natal sendiri. Malam natal sering dianggap sebagai malam yang romantis, di mana para pasangan menghabiskan waktu bersama dan bertukar hadiah. Sehingga banyak restoran dan hotel yang mewah telah dipesan untuk tanggal 24 Desember. Malam natal merupakan waktu bagi para wanita menunjukkan perasaannya kepada pria yang disukainya ataupun sebaliknya. Oleh karena itu, mengajak wanita untuk menghabiskan waktu bersama pada saat malam natal mempunyai implikasi yang sangat romantis.


Source: kirainet

Fried chicken atau ayam goreng menjadi makanan yang paling populer saat hari natal, bahkan banyak sekali orang Jepang yang sampai membuat reservasi terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena pengiklanan yang cemerlang dari restoran KFC sehingga banyak orang Jepang yang percaya bahwa orang Barat merayakan natal dengan ayam goreng daripada hidangan yang biasa disajikan seperti turkey.

Ucapan “Selamat Hari Natal” dapat ditulis dengan hiragana: めりーくりすます ataupun dengan katakana: メリークリスマス yang memiliki arti Merry Christmas. Tentu saja orang Jepang juga mengenal Santa Claus yang biasa dipanggil sebagai Santa-san (サンタさん).


Bukan Santa-san yang seperti ini ya…

Natal bukan merupakan hari libur nasional di Jepang, sehingga pada tanggal 25 Desember sekolah-sekolah dan bisnis-bisnis masih buka seperti biasa. Kebalikan dengan umat Kristen dan Katholik yang merayakan natal dengan berkumpul bersama keluarga di rumah, orang Jepang berkumpul bersama keluarga di rumah masing-masing pada saat merayakan tahun baru.

Itulah perayaan natal yang biasa dilakukan oleh orang Jepang. Bagaimana kesan-kesan minna selama natal kemarin? Apakah dirayakan dengan cara yang sama seperti orang Jepang? Selamat hari natal bagi minna yang merayakan: メリークリスマス!

Source: whychristmas?com, tanutech.com