Apakah minna pernah melihat kuil di Jepang yang keseluruhan kuilnya ditutupi oleh emas? Kinkaku-ji (金閣寺 Kuil Paviliun Emas) adalah nama umum yang digunakan untuk Rokuon-ji (鹿苑寺 Kuil Taman Rusa). Kinkaku-ji merupakan sebuah kuil Zen terletak di utara Kyoto yang kedua lantai di atasnya ditutupi oleh kertas emas.

Tempat kuil Kinkaku-ji berada dulunya merupakan sebuah villa yang bernama Kitayama-dai, dimiliki oleh negarawan terkenal yang bernama Saionji Kintsune. Pada tahun 1397, villa ini dibeli dari keluarga Saionji oleh shogun Ashikaga Yoshimitsu, dan villa tersebut diubah menjadi kompleks Kinkaku-ji. Saat Yoshimitsu meninggal, bangunan tersebut diubah menjadi kuil Zen oleh anaknya berdasarkan keinginan Yoshimitsu.

Interior di lantai pertama kuil

Kuil ini memiliki tiga jenis arsitektur yang berbeda-beda, yaitu shinden, samurai, dan zen pada setiap lantainya. Lantai pertama menggunakan gaya shinden-zukuri, dengan pilar kayu dan dinding putih yang mirip seperti periode Heian pada abad ke-11. Di lantai tersebut juga tersimpan patung Buddha dan shogun Ashikaga Yoshimitsu yang dapat dilihat oleh pengunjung dari luar. Lantai kedua menggunakan gaya samurai atau buke-zukuri, memiliki pintu kayu geser dan jendela berteralis. Lantai ini memiliki sebuah aula dan sebuah kuil kecil didedikasikan untuk dewi belas kasih, Kannon Bodhisattva. Dan lantai ketiga menggunakan gaya Zen yang dikenal sebagai zenshū-butsuden-zukuri. Tipologi zen menggambarkan suasana religius di dalam paviliun, yang terkenal selama periode Muromachi. Pada atap kuil ini terdapat patung burung phoenix (鳳凰 houou) berwarna emas yang dijadikan sebagai ornamen pada kuil ini.


Ornamen di atap kuil

Taman di sekitar kuil Kinkaku-ji merupakan contoh desain taman pada periode Muromachi. Periode Muromachi dianggap sebagai desain taman Jepang pada zaman klasik. Kinkaku-ji membentang di atas kolam bernama Kyoko-chi (鏡湖 池 cermin kolam) yang memantulkan bayangan kuil tersebut. Kolam ini berisi 10 pulau-pulau kecil dan pulau terbesar di kolam mewakili pulau-pulau Jepang.

Source : Wikipedia