Pada tanggal 21 Januari, para editor majalah V Jump menerbitkan Dragon Ball 30th Anniversary Super History Book, kita bisa melihat kembali perjalanan selama 30 tahun salah satu komik paling terkenal di Jepang. Buku ini berisi manga peringatan, sketsa, wawancara panjang dengan Akira Toriyama (pencipta Dragon Ball), sampul majalah Weekly Shonen Jump, komentar dari orang lain yang terkait dengan Dragon Ball seperti Masako Nozawa (seiyuu Goku) dan produser Dragon Ball Z, draft kasar dari manga bab terakhir, dan konten yang berhubungan dengan permainan kartu Carddass dan video game dari Dragon Ball.

Dalam buku ini juga termasuk ilustrasi apresiatif oleh sesama seniman manga Toriyama: Eiichiro Oda (One Piece), Takehiko Inoue (Slam Dunk), Osamu Akimoto (Kochira Katsushika-ku Kamearikouen-mae Hashutsujo), Masashi Kishimoto (Naruto), dan Yoshihiro Togashi (Hunter x Hunter). Orang yang terakhir membuat keributan di Internet Jepang, karena Togashi masih belum kembali mengerjakan Hunter x Hunter, yang masih hiatus.

Toriyama juga menyertakan sebuah pernyataan dalam buku:

Di dalam, aku sudah marah pada Dragon Ball di masa lalu, serta film live-action yang datang kemudian. Aku sudah merevisi naskah untuk film anime dan aku mengeluh tentang kualitas anime di TV. Mungkin suatu hari nanti itu akan menjadi pekerjaan yang saya akan sukai karena aku tidak mampu membiarkannya begitu saja.

Komentar tersebut umumnya diartikan sebagai sindiran terhadap Dragonball: Evolution dan seri terbaru Dragon Ball Super, yang telah menderita karena banyak kesalahan animasi.

Dragon Ball 30th Anniversary Super History Book dijual di dalam sebuah kotak mengkilap dengan 2 poster dengan harga 3,500 yen ($30). Apakah kalian ingin membelinya?

Source : Anime News Network