Halo minna-san! Kembali lagi dengan tim liputan Nippon Club yang kali ini akan membahas event jejepangan BSSC Festival: Haru no Kangei Sai yang diadakan di Binus Square pada tanggal 4-6 Maret 2016 lalu.

Kami datang sekitar jam 10.30 dan suasana masih sepi. Namun beberapa booth makanan sudah mulai buka dan beres-beres. Performer yang akan tampil juga diberikan waktu untuk checksound di atas panggung.


Pengunjung yang terlihat senang setelah memakai yukata

Banyak pengunjung yang tertarik dengan Photobooth milik Nippon Club karena dengan hanya 5000 rupiah saja, kalian akan dipakaikan yukata yang kalian mau dan difoto di depan backdrop BSSC Festival yang keren tentu saja.

Setelah berkeliling sebentar, Punipun dan Matcha Mei pun tiba dan kami mendapatkan kesempatan untuk melakukan interview. Artikel interview bisa dibaca disini.

Acara utama dari BSSC Festival dibuka dengan penamilan Taiko oleh HIMJA. Berikutnya, Cosplay Competition dimulai dengan menampilkan beberapa cosplayer di atas panggung. Banyak kejadian unik yang terjadi saat saat Cosplay Competition. Contohnya adalah salah satu peserta yang dikritik juri kurang otot di lengannya dan aksesoris peserta yang pecah saat tampil.


Juri cosplay competition: Naru, Punipun, Matcha Mei


Pemenang cosplay competition kategori best costume

Acara setelah Cosplay Competition adalah talkshow dengan Naru, Punipun dan Matcha Mei. Mereka bertiga menceritakan pengalaman mereka sebagai seorang cosplayer. Naru juga menceritakan persiapannya saat menuju WCS dan saat menjadi pemenang kompetisi cosplay ARCC di AFA tahun lalu. Video saat Naru dan temannya membawakan cosplay Devil May Cry di ARCC juga ditampilkan.


Pengunjung saat diberikan pertanyaan oleh MC

Selanjutnya ada lomba makan takoyaki yang berlangsung seru. Peserta harus menghabiskan takoyaki yang disediakan di meja secepat mungkin untuk bisa menang. Semakin sore, pengunjung yang bertadangan semakin banyak sehingga membuat suasana event semakin meriah. Di sela-sela acara, MC juga memberikan pertanyaan kepada pengunjung. Hadiahnya adalah voucher starbucks.

Rising Sun Cosplay Team membuat daerah sekitar panggung semakin ramai dengan menyanyikan lagu-lagu anime Shinchan dan Naruto. Ada juga Steven Yao yang merupakan alumni BINUS memainkan drum cover lagu-lagu anime dan vocaloid seperti Miiro, Senbonzakura, dan Hello World. Berikutnya ada penampilan Bon Odori oleh Nippon Club yang membuat panitia dan pengunjung ikut menyanyi dan menari bersama.


Pemenang lomba dango

Setelah istirahat sebentar, acara dilanjutkan kembali dengan lomba makan dango sebanyak-banyaknya. Pemenang dari lomba ini menghabiskan 30 tusuk dango dalam waktu 10 menit yang membuat penonton takjub.

Punipun menutup acara BSSC Festival denang mencover lagu-lagu anime dengan permainan keyboard-nya yang indah. Lagu-lagu yang dimainkan ada Ignite, Heavenly Blue, Mirai, Raise Your Flag dan Kibou no Uta.

Secara keseluruhan event BSSC Festival: Haru no Kangei Sai berlangsung tertib dan seru. Booth yang paling kelihatan ramai dikunjungi adalah Photobooth miik Nippon Club. Daerah di sekitar panggung juga bersih. Aakan tetapi dari segi acara di panggung masih kurang klimaks dan seharusnya bisa ditambah lagi variasinya tahun depan sehingga pengunjung bisa tetap bertahan dari pagi samapai malam.