Acara wisuda pasti merupakan acara yang paling berkesan bagi semua mahasiswa. Setelah bertahun-tahun kuliah, mengejar deadline, tugas, skripsi, dan akhirnya sampai bisa lulus.

Mahasiswa pada umumnya menggunakan toga untuk acara wisuda. Tapi tahukah minna bahwa beberapa universitas di Jepang memiliki dresscode yang unik untuk acara wisuda mereka?

Iya, beberapa universitas di Jepang memiliki Cosplay sebagai tradisi wisuda mereka! Umumnya, masih ada beberapa wisudawan dan wisudawati yang memakai jas dan kimono pada acara tersebut, tetapi yang bercosplay juga tidak kalah banyak!







Dan lebih heboh lagi, tradisi wisuda ini terjadi di Kyoto University, yang merupakan universitas yang cukup bergengsi di dunia (rank #38 di seluruh dunia menurut QS World University Rankings)

Bagaimana pendapat minna mengenai tradisi ini? Seru? Aneh? Mengejutkan? Kebayang kah jika tradisi ini diterapkan pada acara wisuda di Indonesia?

Source:
http://cosplay.kotaku.com/cosplay-makes-this-the-best-graduation-ceremony-in-japa-1550967911
https://app.griffith.edu.au/explore-student-blog/here-is-one-of-the-smartest-universitys-graduation-ceremonies/
http://en.rocketnews24.com/2016/03/25/everyone-from-the-cat-bus-to-donald-trump-showed-up-to-celebrate-kyoto-universitys-graduation/