Halo minna-san~ Siapa sih yang belum tahu bonsai itu apa? Ternyata, ada karya kesenian lain yang bisa dibilang adalah saudara dari bonsai loh.

“Bonsai” (盆栽 , tray planting), “bonkei” (盆景 , tray landscapes), “bontei” (盆庭 , tray gardens), “bonsan” (盆山 , tray mountains) adalah istilah-istilah umum dari seni tradisional Jepang yang berbentuk bon (盆), yang dimana adalah miniatur keindahan alami yang dibuat di atas pot yang berbentuk seperti nampan. Sebagian besar karya seni tiga dimensi tersebut terdiri dari benda tidak hidup, seperti batu-batuan, kerikil, pasir putih, dan bubur kertas, terkecuali bonsai yang ada tanaman hidupnya.

Berfokus mengenai bonseki (盆石, “tray rocks), adalah pemandangan yang dibuat di atas nampan hitam, dengan dilengkapi batu-batuan kecil dan pasir. Bonseki diperkirakan sudah ada sejak setidaknya pada periode Kamakura (1185-1333) di sejarah Jepang, karena ditemukannya gambar bonseki pada gulungan gambar gantung di masa tersebut.

Sebuah gambar dari tahun 1899, mengenai seorang wanita yang sedang membuat bonseki.

Bonseki umumnya meliputi pemandangan gunung, lautan, dan taman. Beda dengan bonkei, pelukisan alam bonseki biasanya hanya dimaksudkan untuk dilihat sementara saja. Pernyataan di salah satu sekolah di Tokyo mengenai boseki adalah

Pokok dari bonseki adalah perasaan damai dan kepuasan yang hadir saat menciptakan pemandangan bonseki tersebut, bukan berdasarkan hasilnya.

Harus diakui, bahwa membuat sebuah bonseki adalah cara santai menghabiskan waktu yang sangat menyenangkan pada sore hari, setelah seharian bekerja di siang hari. Berikut adalah contoh-contoh hasil bonsai yang sangat menyenangkan dilihat.

Perlengkapan membuat bonseki

Contoh bonseki yang lebih modern, disertai miniatur pemain ski.

Bagi minna-san yang mempunyai hobi melukis, boleh nih, mencoba seni tradisional ala Jepang yang satu ini.

Source: Rocket News 24