Ending dari serial anime “Kumamiko” sebagian besar dinilai negatif oleh penonton, dan pencipta manga, Masume Yoshimoto tampaknya setuju ketika dia menposting sebuah komentar tentang hal itu di blog Tumblr-nya.

Yoshimoto telah menghapus komentarnya dan menulis satu ini sebagai gantinya, meminta maaf atas komentarnya dan memuji staf anime:

Saya minta maaf untuk pernyataan saya sebelumnya, yang sia-sia membuat situasi menjadi lebih rumit.
Juga, tentang naskah episode terakhir, saya berpartisipasi dalam pertemuan komposisi, dan ketika ditanya apa yang harus dilakukan untuk episode terakhir, saya mengusulkan sesuatu seperti, “Bagaimana tentang pergi ke Sendai? Kemudian Machi terlibat sebuah kecelakaan, Natsu bergegas dengan mobil untuk menyelamatkannya, mereka kembali bersama di klimaks cerita, dan itu berakhir.” Jika ada orang yang merasa tidak nyaman dengan bagian yang sesuai, itu tanggung jawab saya. Saya minta maaf.
Saya mungkin tidak harus mengatakan ini, tapi anime memiliki tindakan intens, daya tarik seks, gerakan lucu, dan, tentu saja, sakuga yang seimbang yang tidak dapat dinyatakan dalam manga. Anime ini memiliki unsur asli, karakter dan pemandangan desa pastoral yang saya tidak bisa gambar. Anime ini juga memiliki banyak pemandangan indah.
Hadiah ini adalah kerja keras dari tidak lain dari staf anime, dan mereka melakukan yang terbaik sampai akhir.
Saya ingin menyampaikan penghargaan saya untuk semua pekerjaan mereka. Terima kasih banyak.

Website resmi anime “Kumamiko” juga membuat post yang menjelaskan bahwa anime ini mendapat persetujuan dari pencipta asli, para editor di Comic Flapper (majalah bualanan dimana manga ini diterbitkan), sutradara, penulis, staf animasi dan komite produksi.

Menurut kalian sendiri yang sudah menonton anime “Kumamiko”, apakah endingnya cukup memuaskan?

Source: Anime News Network