Semakin berkembangnya industri kreatif di Indonesia ditandai dengan semakin maraknya kreator muda yang memamerkan karyanya melalui blog pribadi, situs-situs seni, bahkan hingga sosial media. Karya yang dipamerkan berupa karya orisinil maupun karya doujinshi yang beragam jenisnya, mulai dari ilustrasi, komik, animasi, literatur,dan juga musik.

Comic Frontier(Comifuro) kali ini sudah kali ketujuh diselenggarakan. Acara ini diselenggarakan untuk membantu mewadahi para kreator muda agar dapat saling bercengkrama baik dengan sesama kreator, maupun dengan penikmat karya kreatif lokal yang datang pada acara ini.

Acara yang mengangkat tema pasar doujinshi ini akan berlangsung selama dua hari mulai dari tanggal 30 hingga 31 Juli 2016 dan bertempat di SMESCO Exhibition Hall. Bentuk kegiatan acara antara lain pasar komik, talkshow bersama para kreator, cosplay, live music, dan juga berbagai pertunjukan menarik baik yang diadakan dari pihak penyelenggara, maupun acara-acara lain yang diadakan atas dasar inisiatif dari komunitas-komunitas yang hadir pada acara ini.



Lebih dari 200 lingkar kreatif yang berasal dari seluruh Indonesia ikut ambil bagian dalam acara Comifuro 7. Hal ini sesuai dengan visi-misi kami yang bertujuan untuk menjadi perhelatan komik terbesar di tanah air.

Comifuro merupakan acara rutin yang diselenggarakan setiap tahun. Acara ini pada awalnya hanya merupakan event kecil yang bersanding dengan Gelar Jepang Universitas Indonesia(GJUI) 2012. Saat itu, Comifuro hanya dapat menampung sebanyak 35 lingkar kreatif. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya industri kreatif di tanah air, akhirnya Comifuro dapat menjadi sebesar sekarang.

Harapan kami adalah agar Comifuro menjadi event yang terbuka dan dapat dinikmati oleh seluruh kalangan dan menjadi sebuah ruang baru kebebasan berekspresi tanpa harus ada kekangan stigma dari masyarakat. Memberikan yang terbaik bagi seluruh partisipan Comifuro tanpa harus meninggalkan siapapun, itulah yang kami perjuangkan.

“Comifuro tidak akan sampai disini tanpa dukungan penuh kalian semua seluruh partisipan Comifuro baik yang berpartisipasi sebagai komite persiapan, lingkar kreatif, dan terutama pengunjung yang selalu antusias dalam menghadiri acara kami. Kami sungguh sangat berterimakasih karena telah dibantu oleh banyak orang yang telah dengan sukarela memberikan segenap waktu, tenaga dan pikiran supaya perhelatan ini berjalan dengan lancar. Kami sangat bersyukur telah dapat mengadakan Comifuro dan bertemu dengan kalian semua!“ – Sudwi Karyadi, Ketua Komite Comic Frontier.

Untuk informasi lebih lanjut dan update berita mengenai Comifuro, dapat dilihat melalui fanpage facebook di Comifuro atau mengikuti akun twitter @comifuro.

Artikel ini merupakan siaran pers dari pihak Comic Frontier 7