Hallo minna-san, kali ini tim jurnalistik Nippon Club akan memberikan liputan dari event tahunan Anime Festival Asia Indonesia 2016, atau yang lebih dikenal dengan AFAID. AFAID tahun ini berlokasi di Jakarta International Expo, Kemayoran. Tempat ini merupakan tempat yang sama seperti lokasi AFAID2015, bahkan hall yang digunakan untuk exhibition-pun sama persis. Hanya saja hall yang digunakan untuk Main Stage dan I Love Anisong Concert berbeda dengan hall tahun lalu.

AFAID tahun ini berlangsung 3 hari, yaitu Jumat-Sabtu-Minggu, 16-18 September 2016. Nah untuk artikel liputan ini, kita akan mengcover hal-hal yang ada pada hari Jumat, 16 September 2016.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, hari pertama AFAID (yang hampir selalu jatuh di hari Jumat), merupakan hari yang paling sepi diantara hari-hari lainnya. Tim jurnalistik Nippon Club datang sekitar pukul 11.00 dan mendapati tidak ada antrian di booth ticket AFAID.

Begitu masuk ke Hall, kita dapat langsung melihat booth Good Smile Company seperti tahun-tahun sebelumnya Gunpla yang memajang begitu banyak figure-figure Gundam dan Beargguy dan berkotak-kotak Gundam yang siap diborong Sultan dibeli dengan harga diskon.


Beargguy!


More Beargguy!!


Gundam yang satu ini setinggi manusia loh


Some more Gundam

Setelah itu kita dapat menemukan booth Closers dari Megaxus, disini minna-san bisa mencoba game Closers secara gratis. Oh ya, laptop-laptop yang digunakan untuk bermain di booth Closers ini merupakan laptop MSI khusus gaming (yang saya kurang tahu modelnya).


Look at those shiny keyboard~~~

Disebrang booth Clooser, ada booth dari stasiun TV Jepang yang tayang di Indonesia, yaitu NHK World. NHK World yang terkenal dengan maskotnya Domo mengadakan mini-event Japanese Queue Quiz pada boothnya, dimana jika kalian berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan oleh MC, maka kalian akan mendapat medal yang bisa ditukarkan menjadi buku notebook , stiker, atau boneka Domo. Di NHK World kalian juga bisa mengisi survey, lalu mendapat kesempatan memutar lottery berhadiah.


Japanese Queue Quiz

Lalu ada booth Kotobukiya, disini kalian dapat melihat koleksi-koleksi figure, dan menyusun figure kalian untuk difoto.

Di sekitar booth Aniplex, ada tempat untuk berfoto dengan karakter-karakter yang dari anime-anime yang terkenal, seperti Haifuri, Saekano, dan Sword Art Online. Ketika kami datang, masih ada batas penghalang untuk berfoto di tempat tersebut, namun sepertinya batas tersebut dihilangkan kemudian hari.


Haifuri


Saekano


Sword Art Online

Selain itu, booth Aniplex juga menjual merchandise-merchandise Official dari ketiga anime tersebut (harganya juga “Official”).


Random lonely Rilakkumma has appeared!

Melanjutkan perjalanan, kami sampai di booth Zebra yang menjual berbagai macam pulpen, dan ketika kami datang sedang ada Live Drawing oleh sensei yang datang langsung dari Jepang.


Keren banget yah gambarnya..

Selanjutnya ada booth dari film horor yang terinspirasi dari Jepang, yaitu “Petak Umpet Minako”. Rencananya film ini akan segera tayang di Indonesia pada bulan Oktober. Film ini bercerita tentang boneka yang dirasuki arwah penasaran karena sebuah permainan pemanggilan arwah. Minako juga sempat mengisi talkshow di Akiba Stage AFAID pada hari tersebut.


Kalian bisa didandani dan berfoto dengan Minako di booth ini.

Ichiban Kuji juga mengisi booth AFAID tahun ini dengan membawa gacha-gachanya dan berbagai hadiah menarik dari berbagai seri. Saya pun khilaf dan tidak puas, namun apa daya dompet sudah kosong

Di bagian belakang booth ada display untuk menunjukan barang-barang yang bisa kalian dapatkan dari gacha di booth ini.



Tidak hanya sampai disini, masih ada banyak booth-booth lainnya di AFAID.


Animax


Kinokuniya


Mobomarket


Sony Music



AFA Shop


Sisi lain dari AFA Shop


Foto dan cetak gratis di studio Canon


Daerah Creator’s Hub


Maid & Butler Cafe~

AFAID Tahun ini juga menyediakan berbagai arcade games yang bisa kalian mainkan secara gratis (tapi antri), seperti Aikatsu, dan beberapa arcade yang belum tentu bisa kalian jumpai di Game Center Indonesia misalnya Sound Voltex III, Museca, dan Oreca Battle.


Aikatsu


Sound Voltex III


Museca


Oreca Battle

Selanjutnya kita akan membahas tentang Akiba Stage, yaitu panggung yang berada di area Exhibition. Stage ini bisa diakses oleh pengunjung umum yang membeli tiket Exhibition, berbeda dengan Main Stage yang hanya bisa diakses oleh tiket Exhibition+Stage atau lebih. Penampilan pertama di Akiba Stage diisi oleh Redshift dengan membawakan sejumlah remix anisong



Redshift berhasil mengangkat hype para pengunjung dengan lagu-lagunya

Tidak lama setelah Redshift meninggalkan Akiba stage, suasana di sekitar panggung kemudian terasa beda sekali. Ternyata, giliran Minako, tamu yang diundang langsung dari Jepang, yang tampil mengisi panggung bersama dengan sutradara dan pemain lain dalam film “Petak Umpet Minako”. Di sinilah sang sutradara, Billy Christian, menuturkan alasan diproduksinya film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama ini. Aktor dan aktris yang diundang juga memperkenalkan perannya dalam film yang mengandung unsur budaya Jepang ini.


hii….


Minako, Nicky Tirta, Novinta eks-JKT48, Tia Muller [aktor & aktris], dan Billy Christian [sutradara]

Selanjutnya di mini stage kehadiran Yoshimoto Comedian Project yang siap menghibur para penonton dengan aksi lucu mereka. Pertama, ada Genki-san yang memainkan irama musik, dimulai dengan satu jenis bunyi tertentu, dan ditambah dengan jenis bunyi yang lain.


Musik yang asik sudah, yang horor sudah, yang lucu juga sudah. Masih ramai oleh penonton Akiba mini stage yang setia, saatnya pengunjung disuguhkan dengan penampilan yang ceria dan berwarna dari Shojo Complex. Dengan dilengkapi tarian yang semangat, grup yang terdiri dari beberapa orang perempuan (Shojo) dengan macam-macam kepribadiannya yang complex ini membawakan lagu-lagu bilingual (bahasa Jepang dan Indonesia), yang diantaranya ada lagu baru mereka loh.


Tidak cuma manusia yang bisa menari, maskot seperti Domo juga bisa loh. Namun, dance yang ditampilkan oleh Domo dari NHK World bersama dengan teman-temannya merupakan gerakan aerobik yang asik dan menyehatkan. Domobics namanya, gerakan aerobik yang ditemani lagu dan lirik yang berkaitan dan bercerita mengenai isi topik layanan tontonan yang ada di NHK World.


Sekilas dapat dilihat, pada saat itu, yang berada menunggu di depan panggung sebagian besarnya adalah kaum wanita. Dapat dirasakan juga antusias dan semangat dari para penonton tersebut, yang terdengar dari suara teriakan mereka yang memanggil nama tokoh yang sudah ditunggu-tunggu kehadirannya. Yap! Dua cosplayer asal China, Baozi & Hana yang dielu-elukan namanya akhirnya menunjukkan dirinya di atas panggung. Berita yang sangat baik pula bagi para fans dalam sesi Meet and Greet sepasang cosplayer tersebut, dengan syarat tetap menjaga ketertiban, para fans diberi kesempatan mengantri untuk bersalaman tangan dengan idola mereka tersebut.


Selanjutnya ada Meet and Greet dengan cosplayer asal Hongkong, Siutao 小桃, yang hari ini ber-cosplay menjadi Kyouko Sakura, dari seri Puella Magi Madoka Magica.


Setelah itu ada Kurosawa Dia dari seri Love Live! Sunshine!! yang di-cosplay-kan oleh cosplayer asal Malaysia yaitu Ying Tze.


Tidak hanya sampai disini, masih ada Meet and Greet dengan cosplayer ganteng asal Jepang yaitu Kaname. Pada kesempatan kali ini, ia bercosplay menjadi Ichigo School version dari seri Bleach.




Yukitora Keiji saat Meet and Greet dengan Kaname

Lalu ada penampilan terakhir yang kami liput di Akiba Stage untuk Day 1 AFAID ini, yaitu penampilan dan foto bersama boneka beruang lucu Rilakkuma.

Sekian dulu dari tim jurnalistik Nippon Club mengenai yang dapat kita saksikan pada hari pertama AFAID16, booth-booth yang banyak dan bermacam-macam, dan acara-acara yang khusus ditampilkan di atas Akiba mini stage pada hari tersebut.
Terima kasih dan sampai jumpa di artikel liputan AFAID2016 hari selanjutnya.

Bonus pictures:


Reika @booth Gunpla


Yukitora Keiji


pose keren Domo di atas panggung


Domo dan Baymax bertemu dan…


berpelukann~