Hai minna-san! Kembali lagi bersama Tim Jurnalistik Nippon Club! Kali ini kita akan membahas salah satu perhelatan Jejepangan yang pastinya mungkin di antara kalian sudah pada tahu dengan event yang satu ini, yaitu Anime Festival Asia Indonesia (AFAID) 2016 yang berlangsung dari 16 hingga 18 September di JiExpo Kemayoran. Setelah sebelumnya tim kami membahas liputan hari pertamanya, kali ini adalah liputan dari hari kedua penyelenggaraan AFAID 2016, yakni pada 17 September lalu. Kira-kira bakal seperti apa ya suasana di Day 2 ini?



Sudah menyambut kami saat hendak memasuki pintu masuk menuju gedung penyelenggaraan

Sejak pagi, suasana pelataran parkir sudah dipenuhi oleh para pengunjung yang mengantri untuk membanjiri hari kedua event anime terbesar se-Indonesia itu, yang berlangsung pada hari Sabtu, dimana akhir pekan menjadi waktu yang sangat tepat untuk dihabiskan disini bersama teman-teman dan waifu keluarga. Mereka tak hanya datang dari Jakarta saja, ada juga yang berasal dari kota-kota terdekat seperti Bogor, Bekasi, bahkan ada pula yang rela berkunjung dari Bandung untuk menyaksikan festival anime tahunan terbesar ini.


Sekitar pukul 10.00, gerbang untuk memasuki hall C3, gedung yang dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan AFAID di kawasan JiExpo Kemayoran ini telah dibuka. Masing-masing antrian dipisah berdasarkan kategori tiket yang dipegang oleh para pengunjung. Mereka tampak sangat antusias saat AFAID 2016 hari kedua itu telah resmi dibuka. Booth-booth yang mengisi jalannya AFAID pada Day 2 ini masih sama seperti hari-hari sebelumnya, namun suasana yang dihadirkan cukup berbeda karena kali ini adalah akhir pekan, dimana pengunjung yang datang menjadi lebih ramai dibanding pada hari pertamanya yang telah usai diadakan.

Yuk, kita lihat saja langsung keseruan yang ada di dalam!


Pameran akrilik para karakter dari anime “High School Fleet”


Booth ANIPLEX yang diserbu oleh para wibu pengunjung


Visual dari para FRAME ARMS GIRL di booth KOTOBUKIYA


Arena permainan rythm yang juga ada di AFAID kali ini.


Buku-buku asli Jepang di booth Kinokuniya. Hayo siapa yang khilafnya ini?


Booth Brush Illustration yang menyediakan pelatihan singkat mengenai penggambaran desain


Salah satu sudut keramaian di hari kedua. Tampak para pengunjung yang sepertinya ingin berkhilaf ria


Cakep ~~


Penampakan dari booth NHKTV yang memperlihatkan tayangan mengenai industri manga di Jepang


Salah satu sisi dari booth ANIMAX, memuat visual-visual dari anime yang ditayangkan oleh mereka


Kembali keramaian terpantau di sisi barat hall C3


Para fujoshi pengunjung yang sangat heboh ketika adanya fan meeting Baozi & Hana di salah satu booth


Mengantri dengan sabar demi khilaf maksimal ke dalam AFA Cafe untuk dilayani oleh para maid dan butler. Sebenarnya kami pun ingin khilaf tapi uang sudah habis beli khilafan Saekano ditunda saja dulu tahun ini


Saya yakin kalian tahu ini dari anime apa~~


Kumpulan CD utaite yang dijual di booth EXIT TUNES


Booth re:ON, salah satu penggagas industri komik lokal kreatif yang turut memeriahkan AFAID


Ayo siapa yang ingin menulis kenangan terhadap waifu menggambar? datang saja ke booth ZEBRA!


Nagisa harusnya ada di dekat Karma. Setuju lah ya


Botak! Botak! Botak! Botak!


Berbagai model kartu dari layanan bank BCA yang menawarkan edisi khusus AFAID


Dokumen naskah dialog para seiyuu yang juga turut dipamerkan


Daisuki!! dari booth MOSHI MOSHI NIPPON AREA yang berwarna-warni

Selain booth-booth yang menawarkan berbagai hal menarik bagi para pengunjung, tentunya kemunculan para cosplayer juga memancing perhatian lebih dalam sebuah event Jejepangan.


Riko Sakurauchi


Yohane Yohane Yohane Yoshiko Tsushima ~megane edition~


AAAAA <3 <3< center>


Nico Nico Nii ~~


Shimako Umigawa


Takdir/ Urutan Agung


Semoga Emilia tidak melihat hal ini


“Imi wakannai…”


Salah satu anggota dari Yoshimoto Comedian Project


Angin Pulau


Mantap! Pose yang sungguh anggun


Ada kak Edelyn yang menemani kita di booth re:ON


Subaru-kyun. Syukurlah kali ini tidak trap ya

Apakah hanya itu saja keseruan yang ada di AFAID tahun ini? Tentu saja tidak! Terdapat pula panggung Akiba Stage di dalamnya. Pada hari kedua ini yang hadir sebagai pengisi Akiba Stage dimulai dari penampilan Reika, salah satu dari Cosplay All-Stars. Setelah itu dilanjutkan dengan penampilan spesial bless4.


Siapa yang tidak kenal dengan pengisi lagu pembuka dari anime Taman Fantasi “Amagi Brilliant Park” ini?

Meskipun kali ini sang adik absen karena sedang berhalangan, namun tiga personil mereka tetap menyuguhkan perfoma yang apik kepada para pengunjung. Dengan hentakan irama lagu “Let’s Have a Party”, dimana AKINO dkk. mengajak semuanya untuk menari mengikuti langkah mereka. Usai bless4, kemudian ada Yoshimoto Comedian Project yang menghadirkan stand-up comedy. Seusai itu, penampilan dari Siutao, Julia, dan Yingtze juga turut mencuri perhatian ribuan pengunjung Hall C3 JiExpo pada Sabtu itu dimana para pengunjung juga dapat berkesempatan untuk berjabat tangan dengan para Cosplay All-Stars yang ada. Pada hari keduanya juga diselenggarakan kompetisi cosplay ARCC Singles dengan juri-juri yang tergabung dalam Cosplay All-Stars yang sudah tampil sebelumnya. Dengan jumlah peserta sebanyak 12 kontestan, juara kompetisi tersebut diraih oleh cosplayer yang menggunakan kostum Zen, salah satu karakter dari game League of Legends.


Para juri yang menilai, terdiri dari Baozi&Hana, Yingtze, Siutaou, Julia, KANAME☆, dan Reika (ki-ka)


Para kontestan yang tampil di atas panggung, ayo minna semua pada tahu tidak karakter yang mereka peragakan?


Pemenang ARCC Singles yang sedang memeragakan pose andalannya (tengah)

Pada malam harinya dibuka dengan penampilan SPiCA yang terdiri dari duo Sayuri dan Angel. Membawakan lagu secara medley dari anime musim ini, “Macross Delta”, sontak para penonton ber-chant ria sambil melompat-lompat dengan lightstick bersama. Lalu pada sesi terakhir di Akiba Stage dibawakan oleh REDSHiFT yang populer sebagai salah satu pengaransemen musik di kalangan para penggemar VOCALOID.


Ngidol bersama SPiCA kalau bukan sekarang ya kapan lagi?


Mari berhacep ria dengan REDSHiFT ..

Sementara itu, di Main Stage, untuk hari kedua dimulai dari sesi Cosplay All-Stars Stage yang terdiri dari para cosplayer kenamaan seperti Baozi & Hana, Julia, KANAME☆, Reika, Siutao, dan Yingtze. Diteruskan dengan penampilan Anime Showcase oleh Maaya Uchida dan Yohei Azakami. Tak puas hanya menampilkan dua seiyuu tersebut, ada pula Atsumi Tanezaki dan Nozomi Furuki, seiyuu dari anime “High School Fleet” beserta Tokoaki Suzuki, sang kreator dari anime populer tersebut. Panggung utama diakhiri dengan penampilan para artis yang akan mengisi sesi I LOVE ANISONG pada malam harinya, yang terdiri dari bless4, Lia, dan tak lupa pula seiyuu yang suaranya aduhai imut ini, Maaya Uchida. Sesi I LOVE ANISONG dibawakan di penghujung Day 2 kali ini. Selain diisi oleh para anisong diatas tadi juga dilengkapi dengan kehadiran nano, dimana sekaligus merupakan I LOVE ANISONG terakhir dalam AFAID tahun ini, karena sesi spesial ini hanya diadakan pada Day 1 dan Day 2 saja.


Ketika malam tiba…

Hari kedua pun berakhir. Namun, tenang saja bagi yang tidak dapat menghadiri Day 2-nya karena masih ada hari ketiga, yaitu esoknya pada Minggu, 18 September, sebagai hari penutup dari AFAID tahun ini. Terimakasih kepada pihak penyelenggara yang telah bekerja keras agar festival anime tahunan ini terus konsisten diadakan di Indonesia, dan semoga para guest star yang diundang pada AFAID tahun depan bisa lebih memenuhi ekspetasi para pecinta kultur pop Jepang di Indonesia. Sampai jumpa di liputan hari ketiga AFAID 2016 dari Tim Jurnalistik Nippon Club!