Sejak sutradara Hayao Miyazaki menyatakan pensiun di industri anime pada tahun 2013, fans mencari dan menaruh harapan besar pada sosok penerus pemenang Oscar ini. Bebrapa memilih sutradara dari film “Summer Wars” dan The Boy and The Beast” yaitu Mamoru Hosoda tapi yang lain mulai melirik Makoto Shinkai. Hasil karya terbarunya yang berjudul “Kimi no Na wa” (Your Name.) meraih keuntungan finansial yang luar biasa di Jepang. Film ini telah meraih keuntungan yang cukup untuk menyaingi karya-karya Miyazaki.

Dalam sebuah wawancara dengan website di Inggris yaitu Express, Shinkai menyinggung tentang rumor yang mengatakan bahwa dia akan mengambil peran di Studio Ghibli.

“Tidak dan saya tidak berpikir mereka bahkan akan menanyakan saya,” Shinkai mengatakan hal tersebut pada George Simpson dari Express. Shinkai menjelaskan bahwa gayanya dan Studio Ghibli adalah benar-benar tidak ada yang sama. Dia menjawab dengan rendah hati bahwa film-film Ghibli adalah tentang “keahlian” yang membawa karakter untuk hidup, sementara karyannya adalah “serangkaian stop-motion.”

Shinkai telah menyatakan pandangan serupa tentang pekerjaannya sebelumnya ketika ia muncul di program televisi Jepang. Dia mengatakan kepada penyiar Shinsuke Kasai bahwa ia khawatir bahwa orang akan mengasosiasikan “Kimi no Na wa.” Kesuksesan keuangan dengan kemampuannya, sesuatu yang dia tidak berpikir proporsional.

Bagaimana menurut kalian? Apakah Makoto Shinkai cocok untuk menjadi penerus Hayao Miyazaki?

Source: Anime News Network