Hai minna-san, kali ini kami dari Nippon Club diberi kesempatan oleh MangaMon yang baru saja menjalin kerjasama dengan Nippon Club untuk melakukan review cara berbelanja komik di situs resmi MangaMon. Bagi yang belum tahu, MangaMon adalah salah satu toko komik digital berbasis online di tanah air yang mengusung tagline “Toko Komik Digital Terbesar di Indonesia!”. Tentunya, hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuka browser kita dan langsung arahkan ke www.mangamon.id


Tampilan menu utama situs MangaMon

Sebelum melakukan pembelian, pastikan dulu kita sudah memiliki akun MangaMon yang nantinya digunakan untuk pembelian komik yang dijual secara resmi di MangaMon. Nah, bagi yang belum punya, langsung saja kita mendaftarkan akun MangaMon baru kita dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Langsung saja pilih menu “Daftar” yang terletak di sebelah kanan. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti berikut.

2. Pastikan kalian mengisi lembaran yang dibutuhkan registrasi dengan memasukkan nama, e-mail, password, dan pilihan isian lainnya dengan benar. Setelah selesai, klik tombol “Saya Setuju dengan Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi di Atas”. Lalu lanjut ke Konfirmasi Data.


3. Proses registrasi pun selesai! Secara otomatis akun kalian telah terdaftar dan saatnya melakukan login dengan memasukkan email dan password yang telah kita daftarkan sebelumnya.

Di dalam situs MangaMon sendiri terdapat dua jenis komik yang dapat dibeli oleh para pembaca. Yaitu, komik yang berstatus gratis dan komik yang berbayar dengan satuan kredit.

Untuk pembelian komik yang berstatus gratis (0 kredit), langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Pilih menu “Pilih Komik/Manga”, lalu setelah itu pilihlah salah satu komik yang statusnya “Gratis” atau bertuliskan “0 Kredit”


2. Pilih “Download”, kemudian akan muncul tampilan seperti ini. Pilih “Beli”.


3. Setelah itu, maka komik tersebut langsung siap untuk dibaca dan ada di dalam Bookshelf kalian yang bisa diakses melalui pilihan “Baca Komik / Manga yang dibeli” di sebelah kiri halaman.




Sementara itu, berikut inilah langkah-langkah pembelian komik yang menggunakan kredit.

1. Pilih menu “Pilih Komik/Manga”, lalu setelah itu pilihlah salah satu komik yang memiliki kredit, misalnya dalam kesempatan ini kami akan membeli komik yang dihargai sebesar 15.000 kredit.



2. Pilih “Beli”. Di pilihan “Beli” ini terdapat 3 opsi yaitu “Beli sekarang juga”, “Beli dengan Voucher”, dan “Masukkan ke Troll”. “Beli sekarang juga” adalah pilihan ketika kita ingin membeli komik tersebut secara langsung dengan pembayaran yang akan dijabarkan dalam tahap berikutnya. Kemudian, “Beli dengan Voucher” adalah pilihan ketika kita ingin membeli komik tersebut melalui voucher yang biasanya didapat dari event-event tertentu yang kita kunjungi dimana MangaMon membagi-bagikan voucher disana secara gratis. Lalu ada opsi terakhir berupa “Masukkan ke Troll” yang berupa seperti wishlist komik yang kita inginkan ketika jumlah kredit kita terpenuhi serta ada pula pilihan “Lihat Troll” di bawahnya untuk meninjau daftar komik yang telah masuk ke dalam Troll kita sebelumnya. Pada kesempatan ini, kami mencoba untuk memilih opsi “Beli sekarang juga”.


3. Langkah selanjutnya, adalah adanya empat metode pembayaran yang ditawarkan yaitu “Game-ON Card”, “ATM”, “Minimarket”, dan “Kartu Kredit”. Ada pula keterangan jumlah kredit yang harus dibayar pada sebelah atas halaman metode pembayaran ini. Kami memilih melalui “ATM”, dan langsung saja pilih “Isi Ulang” bila kita belum mempunyai kredit sama sekali.


4. Kemudian masuk ke halaman yang menawarkan berbagai jumlah kredit dimana disediakan untuk dipilih oleh para pengguna. Kami memilih “17.000 Kredit” yang dikenai tarif sebesar Rp20.000


5. Akan ada konfirmasi ulang mengenai pembayaran dan kalau dirasa sudah yakin maka pilihlah “Lanjutkan ke Pembayar” dan nantinya akan menampilkan laman baru yang menjelaskan bagaimana proses transfer di ATM untuk melunasi kredit yang akan kita gunakan dalam pembelian komik di Mangamon.



Prosedur pembayaran jika memilih opsi ATM

6. Apabila sudah selesai melakukan transaksi di ATM, maka dilanjutkan dengan mengecek Troll kita dan memilih buku yang tadinya kita inginkan. Secara otomatis, jika kita membeli buku tersebut sekarang maka akan masuk ke dalam Bookshelf karena kredit kita telah terpenuhi.


7. Setelah itu, maka komik tersebut langsung siap untuk dibaca dan ada di dalam Bookshelf kalian yang bisa diakses melalui pilihan “Baca Komik / Manga yang dibeli” di sebelah kiri halaman.




Akhirnya kami selesai berbelanja di MangaMon. Prosedur pembelian buku yang ditawarkan oleh MangaMon menurut kami sudah mudah dan instruksi-instruksinya dapat langsung dimengerti oleh para pembaca yang ingin membeli komik yang mereka inginkan. Selain itu, metode pembayaran yang terdiri dari empat macam juga memberikan banyak kemudahan karena jika hanya tersedia satu metode pembayaran saja (misalnya, hanya terdiri dari “ATM” saja) maka hal tersebut jelas membuat kerepotan para pembaca yang sebelumnya tidak pernah membuat kartu ATM dan harus meluangkan waktu ke bank terdekat hanya untuk membeli buku yang ada. Desain yang konsisten setiap peralihan menu di tahap pembayaran juga sebuah nilai plus yang kami lihat dari MangaMon.

Namun, tentunya ada beberapa hal yang mungkin bisa dievaluasi nantinya seperti foto profil pengguna yang melakukan review terhadap komik agar dihilangkan kata “Tidak Ada Gambar” di dalam profil tersebut dan mungkin diganti dengan foto sebuah warna tertentu jika memang pilihan untuk penggantian foto profil pengguna belum tersedia. Serta menurut kami tampilan menu yang ada di sebelah kiri berupa “Baca Komik/Manga yang dibeli” kurang efektif dari segi penulisan nama opsi tersebut dan akan lebih baik menurut kami jika menu tersebut dijadikan dengan kata-kata yang lebih singkat seperti “Lihat Bookshelf” agar para pembaca langsung tahu bahwa pilihan tersebut mengarah ke Bookshelf sebagai salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh MangaMon untuk “perpustakaan elektronik” komik-komik yang telah kita beli.

Jadi bagaimana nih minna? Seru dan menyenangkan ‘kan berbelanja komik di MangaMon? Sudah praktis, hemat, komik yang kalian sudah pasti resmi loh! So, daripada kita masih saja mendukung usaha pembajakan marilah mulai dari sekarang kita arahkan browser menuju situs MangaMon disini.

Sekian review dari Nippon Club dan jangan lupa ya minna untuk berbelanja di MangaMon sebagai toko online yang menyediakan komik digital resmi di tanah air!