Kabar kurang menyenangkan datang dari salah satu studio anime yang cukup ternama di Jepang yaitu “Studio Fantasia”. Pada tanggal 16 November lalu, tim peneliti keuangan dari Teikoku Databank melaporkan bahwa studio tersebut tengah mengalami krisis keuangan dan sedang berada di ambang kebangkrutan.

Studio Fantasia sendiri didirikan oleh Tomohisa Iizuka pada tahun 1983. Perusahaan ini sendiri sepanjang kiprahnya telah memproduksi berbagai macam judul anime. Karya original Studio Fantasia yang cukup populer yaitu diantaranya “Strain: Strategic Armored Infantry”, “Najica Blitz Tactics”, “Stratos 4”, dan “the Agent Aika”. Studio Fantasia juga memproduseri beberapa judul anime seperti “Kimi ga Nozomu Eien”, “SaiKano: Another Love Song”, dan “Aozora Shōjo-tai”. Proyek original terakhir mereka yaitu “Glass Maiden” pada tahun 2008 silam. Perusahaan ini juga sempat memproduseri OVA adaptasi dari “Nozoki Ana” pada tahun 2013.

Menurut laporan, pada tahun 2006 pemasukan perusahan tercatat sekitar 384 juta yen (sekitar 46 miliar rupiah) yang kemudian turun drastis menjadi hanya sekitar 100 juta yen (sekitar 12 miliar rupiah) pada tahun 2015.

Apakah nantinya hal ini malah semakin memburuk dan membuat Studio Fantasia benar-benar bangkrut? Semoga saja tidak ya minna!

Source: Anime News Network