Halo minna-san~ Pada kesempatan kali ini Nippon Club diberikan kesempatan oleh panitia Colony Collection Market untuk melakukan interview dengan cosplayer terkenal asal Korea Selatan yang juga menjadi juri Costreet Competition pada event Colony Collection Market: Toys and Games yaitu SAIDA.

SAIDA sendiri sudah cukup terkenal di dunia cosplayer dan dia juga sudah mengcosplaykan berbagai karakter seperti misalnya You Watanabe (LoveLive!), Judy Hopps (Zutopia), dsb. Bagi yang penasaran kalian bisa mengenal lebih banyak lagi seputar SAIDA dengan mengunjungi fanpage resminya disini.

Penasaran seperti apa wawancara dengan cosplayer asal negeri gingseng tersebut? Yuk langsung saja kita simak di bawah ini!

Selamat datang di Indonesia! Sejak kapan anda memulai kegiatan cosplaying dan bagaimana anda memulainya?

Sebenarnya, saya sudah memulai kegiatan cosplay saat masih kecil, sekitar sepuluh tahun yang lalu. Waktu itu saya menyukai suatu karakter, ibu saya menyukai dan mendukungnya, dan ibu saya menyetujui hobi tersebut.

Kami mendengar bahwa anda membuat video untuk grup idol cosplay anda. Bagaimana ekspetasi anda dengan video-video yang diunggah dari grup idol cosplay tersebut?

Sebenarnya, saya sangat menyukai membuat video-video tersebut dan untuk membuatnya menjadi lebih berhasil lagi itu benar-benar sangat mengagumkan bagi saya. Saya sangat menyukai meng-cosplay karakter dari idol.

Siapakah karakter idol yang anda sukai?

Hanayo, Nozomi, dan Kotori (ketiganya berasal dari LoveLive!). Namun ya favorit saya tentunya Frederica dari The iDOLM@STER.

Fruit Pocket adalah grup idol cosplay anda. Apa alasan anda membuatnya serta apa tujuannya?

Itu adalah bagian dari tim kami dan kami sudah mulai untuk membuat proyek-proyek dan saya dapat katakan bahwa Fruit Pocket tersebut salah satu jenis dari idol group, meskipun itu akan menjadi idol grup sepenuhnya atau tidak. Grup tersebut dikelola oleh agensi saya (PIAO PRODUCTION) dimana dalam hal ini mereka adalah sebuah agen produksi.

Apa saja tips untuk menjadi seorang cosplayer yang baik?

Pilihlah karakter yang cocok, mungkin bisa jadi dengan memilih karakter favorit kalian atau yang cocok dengan penampilan kalian.

Ini kedua kalinya anda datang ke Indonesia, dan pertama kalinya singgah ke Jakarta. Bagaimana perasaan anda saat mendarat di Jakarta?

Sangat baik, karena berbeda sekali dengan di Korea dimana disana sangat-sangat dingin. Saya menyukai cuacanya (cuaca di Jakarta). Saya juga menyukai makanannya seperti soto, mie, dan bakso.

Karakter apa yang anda cosplay pada hari ini?

Frederica Miyamoto (The iDOLM@STER)

Kenapa anda memilih untuk menggunakan kostum Frederica pada hari ini?

Karena saya suka dengan kostum ini dan menyukai karakternya.

Apa arti “cosplay” bagi anda?

Ini adalah hobi yang saya minati dan juga merupakan hidup saya.

Apakah anda mempunyai seorang kameko (fotografer cosplay) pribadi?

Tidak, tidak. Semua foto saya diambil oleh teman-teman fotografer saya.

Apa tanggapan anda tentang Colony Collection Market?

Event ini sangat menarik. Banyak kolektor yang datang dan banyak barang-barang yang menarik, terutama saat saya melihat-lihat LEGO.

Bagaimana pendapat anda mengenai para cosplayer asal Indonesia?

Saya belum terlalu tahu dan melihat-lihat tentang mereka. Mungkin saya akan coba untuk melihatnya besok

Apakah anda mengoleksi LEGO?

Saya hanya menyukai bentuknya saja.

Apa saja pengalaman menyenangkan yang kamu rasakan saat berkecimpung di dunia cosplay?

Membuat kostum sendiri interseting saya benar-benar bisa mengontrolnya dan mengelolanya sendiri

Berapa lama anda membuat kostum yang anda pakai pada hari ini?

2 hari. Spesial untuk acara ini!

Bagaimana pendapat anda tentang para penggemar anda di Indonesia?

Saya sangat berterimakasih. Banyak yang datang dari pulau-pulau lain (ke Jakarta). Indonesia adalah suatu kultur yang baru bagi saya dan saya akan mencoba belajar hal baru tentang Indonesia.

Berapa banyak kostum yang anda buat dalam setahun?

Dalam setahun biasanya sekitar 20 hingga 30. Saya hanya menyimpan kostum yang benar-benar terbaik bagi saya, dimana kostum yang lama biasanya akan dijual dalam lelang di pasar-pasar Korea. Untuk saat ini yang saya punya hanya 4, termasuk yang saya pakai untuk hari ini. Dan saya juga membuat kostum untuk cosplayer yang lain dan terkadang mendapatkan komisi dari pekerjaan tersebut.

Apakah anda memiliki pengalaman spesial saat berkecimpung di dunia cosplay?

Hmmm … sepertinya mungkin tidak ada tapi saya suka berbicara dan berkenalan dengan banyak orang. Di Korea sana memang jarang sekali acara-acara yang melibatkan cosplay saya seperti ini dan biasanya saya mengikuti perkembangan tentang rekan sesama cosplayer saya di luar negeri melalui media sosial seperti Twitter.

Apa impian yang ingin anda raih untuk karir cosplay anda?

Hmmm… Berusaha agar bisa semirip mungkin dengan karakter yang ingin di-cosplay-kan, terutama karena saya suka memerankan karakter yang pendek, muda, dan terlihat imut. Saya beranggapan bahwa sepertinya penampilan saya kurang seimut itu… (sambil tertawa)

Bisakah anda merekomendasikan acara TV di negara asal anda, Korea (Selatan), kepada kami?

Saya tidak tahu judul dalam bahasa Inggris-nya, judulnya Samsi Sekki (Three Meals a Day). Bintang favorit saya di serial itu adalah Cha Seung Won.

Bagaimana dengan rencana kostum anda sendiri untuk event yang akan mendatang?

Untuk itu, saya belum tahu apa yang ingin saya buat. Tapi yang pasti itu adalah karakter pria tapi untuk siapanya, itu rahasia.

Apakah anda sudah mencoba mempelajari bahasa Indonesia sebelum datang kemari?

“Apa kabar, senang bertemu dengan Anda, nama saya Saida, terimakasih!” (Saida mengucapkan kalimat tersebut dalam bahasa Indonesia)

2016 sebentar lagi segera berakhir. Kira-kira apakah pencapaian terbesar yang pernah anda raih dalam tahun ini?

Datang ke sini, ke CCM! Karena Jakarta benar-benar pertama kalinya saya datangi dan saya dapat bertemu (dengan kalian semua) di Jakarta!

Bagaiamna pendapat anda tentang kesulitan para cosplayer lokal disini dalam melakukan cosplay, terutama untuk masalah penampilan? Anda juga mempunyai penampilan yang menarik!

Terimakasih atas pujiannya! Mungkin lebih ke mencuci muka, membasuh muka terlebih dahulu sebelumnya. Saya selalu membasuhnya tiga kali sebelum cosplay. Oh ya, saya hanya menggunakan cream.

Apa saja jenis kegiatan olahraga yang anda lakukan?

Tidak rutin saya lakukan. Korea itu dingin. Saya selalu berselimut … Saya menyukai voli dan bulu tangkis, saat musim panas saya berenang, dan mungkin berjalan-jalan keliling dengan anjing saya.

Bisakah anda memberitahu kami rekomendasi makanan untuk diet?

Saya tidak pernah melakukan diet. Saya suka hamburger karena makanan itu enak. Saya juga tidak tahu kenapa tangan saya bisa seramping ini tanpa diet.

Apakah ibu anda mempunyai karakter anime tertentu yang dia sukai?

Ya. Dari “Dragon Ball”, saat saya kecil, tepatnya waktu saya berumur 3-4 tahun. Dia sangat menyukai karakter tersebut. Ditambah lagi, saya pernah mencoba untuk meng-cosplay Bulma (karakter dari Dragon Ball), namun saya tidak ingin mengambil gambarnya karena saya merasa Bulma tidak cocok bagi saya.

Apakah anda senang memainkan alat musik?

Ya. Biola dan piano. Bermain biola juga salah satu hobi saya.

Bagaimana cara anda untuk mengelola waktu anda?

Saya mengambil kuliah di jurusan Sastra Jerman. Saya juga punya waktu untuk bermain musik, dan saat saya punya waktu luang disitulah saya mempunyai kesempatan untuk hobi saya sebagai cosplayer.

Terakhir, apa saja pesan anda untuk para penggemar anda, terutama untuk yang berada di Indonesia?

Saya senang ada disini, Indonesia adalah negara yang sangat-sangat indah dan menarik. Saya sangat menyukai apapun dari Indonesia. Senang bertemu dengan kalian dan terimakasih telah mewawancarai saya!

Terima kasih kepada panitia CCM yang telah memberikan kami kesempatan untuk melakukan wawancara ini dan juga terimakasih untuk minna-san yang sudah membaca artikel liputan interview dengan SAIDA dari tim jurnalistik Nippon Club pada kesempatan ini. Sampai jumpa di liputan interview dari tim jurnalistik Nippon Club berikutnya!