Halo minna-san! Kembali lagi bersama tim liputan Nippon Club. Kali ini kami akan membahas event Colony Collection Market (CCM) yang berlangsung mulai tanggal 3-4 Desember 2016 di Jakarta Convention Center – Hall B. Colony Collection Market merupakan sebuah acara yang diselenggarakan bagi para komunitas kolektor yang diadakan oleh Colony untuk mewadahi antusiasme kolektor-kolektor di Indonesia. Dan untuk tahun ini, Colony Collection Market diadakan untuk komunitas kolektor Toys dan Games.

Di area CCM terbagi ke dalam beberapa bagian, seperti Community Area, Booth, Stage, Overwatch Area dan Workshop Area. Pada Community Area, para pengunjung dapat melihat banyaknya action figure dan benda-benda koleksi lain yang dipamerkan. Tidak hanya benda-benda koleksi, terdapat juga Ita Indonesia, dimana para pengunjung dapat melihat mobil, motor hingga sepeda yang di desain sehingga bernuansa anime.


Kepala Korban Perang


Waifumu motor


Waifumu berputar


Ketika kapal moe berubah menjadi mobil moe

Pindah ke bagian booth, pada area ini terdapat beberapa booth yang menjual barang-barang untuk dikoleksi seperti action figure. Selain itu, pada booth KColors terdapat 2 guest star yang melakukan Live Demo yaitu Alfredo Campisi dan Christian Bertolini sebelum nantinya melakukan Live Painting di Stage. Dan tidak lupa terdapat pula booth yang khusus menjual merchandise dari guest SAIDA.


Suasana Area Booth


Christian Bertolini melakukan Live Demo


Alfredo Campisi melakukan Live Demo

Tidak hanya tempat untuk khilaf berbelanja, di area ini juga ada beberapa koleksi-koleksi yang dipamerkan, dan tempat-tempat yang dapat disinggahi untuk bermain, dan tentunya ada booth makanan dan minuman, bahkan ada mobil Indomaret yang menyediakan kebutuhan para pengunjung.


Wah, palu Thor sudah ada di Indonesia!


Reka ulang adegan tertentu(?)


Pameran dari Bricks Klub Indonesia


Kreasi dari Ki-Gu-Mi


Merahnya Ferrari Diecast Owners Club Indonesia




Keseruan para pengunjung yang sedang bermain boardgame




Booth msi yang memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk merasakan sensasi Virtual Reality



Menuju ke bagian Stage. Event dibuka dengan kata sambutan dari panitia CCM. Di dalam kesempatan itu Elvina Tineke selaku CEO dari Colony menyampaikan bahwa event ini adalah event pertama yang mereka gelar dan pada tahun ini mengambil tema toys and games dan nantinya Colony diharapkan akan menjadi fasilisator untuk para kolektor dan komunitas-komunitas terbesar di Indonesia. Berbagai pertanyaan dan jawaban pun mengisi sesi tersebut.

Apa yang melatarbelakangi Colony untuk membuat event ini? Serta Kenapa masyarakat pecinta toys and games harus datang ke acara ini (CCM)?

Kita membuat sebuah perusahaan, Colony, ini nekat, Saya sendiri merupakan lulusan Binus di tahun 2015 jurusan TI, Jufery juga di jurusan yang sama, dan dia (Albert) juga lulusan DKV tahun 2014. Dulu kami (bertiga) berada di satu oragnisasi yang sama, yaitu di BNEC (Bina Nusantara Englsih Club). Kita melakukan sesuatu yang extraordinary. Dari klub tersebut, setelah lulus kita ingin menyatukan hobi-hobi dalam bentuk digital, dan akhirnya kita membuat website ‘colony.co.id’. Kami ingin menjadi sebuah fasilisator untuk mempertemukan orang-orang yang memiliki hobi tidak hanya online. Jadi, di CCM ini menggunakan teknologi-teknologi yang ada. Akan ada sistem lelang di dalam website-nya dan akan ditambah lagi pada masa yang akan mendatang untuk para komunitas. Bedanya dengan event lain, CCM mempunyai pendekatan kepada para komunitas. Konten-konten yang ada di dalam ajang ini pun dikelola oleh para komunitas, bukan dari kami, dan juga yang membedakannya adalah penggunaan konsep teknologi di dalam CCM ini.

Dari sektor bisnis, adakah target pengunjung dan target transaksi di acara CCM ini?

Untuk target pengunjungnya sendiri kita memasang agak tinggi pada event pertama ini. Kita menargetkan 10.000 visitors (pengunjung) per hari. (Dan untuk mendukungnya) Kita mengadakan guest star dan berbagai acara di dalamnya. Untuk transaksi kita tidak memasang targetnya karena fokus di event ini bukan jual-beli. CCM ini lebih fokus untuk komunitas.

Setelah event ini, apakah ada rencana tahun depan atau mungkin akan lebih besar lagi?

Kedepannya sendiri kami ingin membuat CCM menjadi event tahunan. Ini bukan tahun pertama atau tahun terakhir. Kami ingin membuat tahun yang lebih baik. Ke depannya kami ingin menjadi paku yang lebih baik. Ke depannya menjadi annual thematic event. Tema-temanya nanti akan diganti, mungkin tahun ini toys and games tapi tahun depan bisa saja fashion atau yang lain sebagainya. Tapi tidak menutup kemungkinan kalau kita kembali lagi ke toys and games. Tunggu saja kabar dari Colony selanjutnya.


Kata sambutan dari panitia CCM (ki-ka:, Elvina Tineke, Jufery Chen, Albert Paris, Riza Satyagraha (SACCA Production))

Setelah sesi tersbut selesai lalu fokus berpindah sebentar ke area meet&greet karena guest Saida sudah bersiap-siap, dan di stage terdapat perwakilan dari Ita Indonesia yang mengenalkan komunitasnya.


Perwakilan Ita Indonesia

Acara berlanjut dengan penampilan dari para guest. Dimulai dengan live painting dari Guest Alfredo Campisi dan Christian Bertolini. Berlanjut dengan performance dari AkaiRo dan meet & greet bersama maskot dari serial animasi Kiko.



Christian Bertolini melakukan live painting



Alfredo Campisi melakukan live painting


Foto bersama member AkaiRo


Suasana di Signing Area dimana SAIDA berfoto bersama dengan para penggemarnya

Dan bagian yang paling ditunggu-tunggu oleh para pengunjung pun tiba, yaitu Costreet Competition yang diiringi dengan musik dari DJ G-Black. Dimana untuk Costreet Competition ini sendiri SAIDA yang menjadi juri bersama dengan satu lagi guest cosplayer yaitu Rian CYD.


Guest yang menjadi juri Costreet Competition


DJ G-Black yang mengiringi selama Costreet Competition



Pemenang Costreet Competition (kiri tengah best female – kanan tengah best male


Foto para peserta Costreet Competition bersama dengan juri

Selain Costreet Competition, ada juga kompetisi lain yaitu Overwatch. Dan kompetisi ini dimeriahkan oleh guest yaitu NXA-LAD1ES, dimana juga terdapat challenge untuk yang berani melawan guest.


Turnamen Overwatch


Guest NXA-LAD1ES sedang bermain Overwatch

Sekian artikel liputan hari pertama Colony Collection Market, terimakasih kepada pihak penyelenggara yang telah menyuguhkan berbagai fasilitas untuk para komunitas dan juga suasananya yang ramai namun tetap kondusif dan nyaman untuk dinikmati! Nantikan liputan hari keduanya ya minna!