Ebook Initiative Japan Co, Ltd (Kantor Pusat: Tokyo, Jepang; President & CEO: Hitoshi Koide), yang mengoperasikan toko buku digital Indonesia, “MangaMon”. MangaMon bangga memperkenalkan komik original berlisensi Jepang dalam bentuk digital (yaitu “ebook”) yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dengan kerja sama dari penerbit grup Kompas Gramedia: Elex Media Komputindo dan m&c!.

https://www.mangamon.id

Fitur-fitur yang tersedia di MangaMon dapat membantu para user dalam menentukan komik digital yang ingin dimiliki seperti fitur review dari kurator pilihan dan review user lain yang pernah membaca komik tersebut. Lalu juga ada fitur Reward Point, poin yang akan didapatkan User ketika mengikuti berbagai aktivitas yang ada di situs MangaMon. Bahkan tanpa membeli komik pun. Contoh aktivitasnya seperti melakukan review dan share komik-komik di MangaMon. Ketika Reward Point terkumpul sampai jumlah tertentu, User dapat menukarkan poin tersebut dengan berbagai hadiah menarik yang di sediakan oleh MangaMon!

MangaMon Indonesia Dream Project (ドリプロ) dibuat karena kami percaya pada gagasan bahwa komik bukanlah hanya sebatas bentuk media hiburan saja, tapi komik adalah sebuah bentuk budaya. Supaya budaya ini dapat tumbuh berkembang di Indonesia, bukan seniman dari negara lain yang mempopulerkan budaya tersebut, akan tetapi artis atau seniman Indonesia sendirilah yang harus membuat budaya ini populer di Indonesia ini. Karena itu, komik yang merupakan bagian dari media hiburan, tumbuh dari hobi belaka menjadi budaya yang diapresiasi dan dicintai oleh sesama masyarakat Indonesia.

https://www.mangamon.id/special/dream/

Namun, saat ini di Indonesia, meskipun industri komik perlahan-lahan tumbuh, masih sedikit platform yang menyediakan pembelajaran terpadu tentang proses pembuatan komik. Maka demi hal itu, Kami ingin berkontribusi dan memberikan dukungan bagi teman-teman yang memiliki talenta dalam industry kreatif, khususnya mereka yang ingin menjadi komikus profesional Indonesia dan teman-teman yang tergerak menjadi creator dalam bidang entertainment. Nanti tidak hanya sebagai tempat untuk belajar, tetapi juga bersama-sama dengan aliansi dan player yang lain menciptakan tempat di mana para creator mendapatkan informasi untuk menemukan wadah yang tepat untuk menunjukkan keahlian dan karya mereka serta sebagai marketplace dimana promosi tentang jasa mereka bisa lebih di promosikan secara secara luas dan mereka berkesempatan untuk meraih pendapatan yang lebih banyak agar dapat melanjutkan kelangsungan hidup mereka sendiri. Ini adalah cara kami untuk mendukung banyak bakat kurang dihargai anak muda kreatif di Indonesia.

“We believe that You and us are both players of Indonesian Entertainment market and as fellow player, we’re really looking forward to work with you in enriching, enlarging, and nurturing the seed of Indonesian’s creative talents!” kata Dea, Manager Manga-Mon.

Pada Platform ini informasinya yang akan diberikan terbagi menjadi empat (4) kategori:

1. LOMBA MANGAMON

MangaMon rutin mengadakan lomba yang dilakukan secara online dan tidak dipungut biaya pendaftaran, seperti Lomba Komik, Lomba Desain Karakter, & Lomba Foto Cosplay dengan tujuan memberikan kesempatan dan wadah kepada para kreator pemuda-pemudi di Indonesia. Karya-karya yang mengikuti lomba MangaMon akan permanen tersimpan di situs MangaMon dan dapat diakses secara gratis oleh para user di seluruh Indonesia.

2. LOMBA LAINNYA

Dengan banyaknya informasinya lomba kejepangan yang tersebar di Indonesia. Banyak calon peserta banyak melewatkan kesempatan lomba tersebut disekitarnya. Karena itu, MangaMon ingin mengumpulkan semua informasi lomba yang ada di Indonesia agar calon peserta dapat mudah mencari informasi lomba yang dibutuhkan.

3. VIDEO TUTORIAL

MangaMon akan mengkompilasi video-video tutorial yang berpusat pada dunia tutorial komik dan ilustrasi yang dibuat oleh para komikus atau artis profesional dari Indonesia, Jepang, dan negara-negara lainnya.

4. KALENDER EVENT

MangaMon akan mengkompilasi upcoming event Jejejpangan yang ada di seluruh Indonesia, khususnya pasar komik dengan harapan para creator Indonesia dapat tertarik dan mudah menemukan informasi tempat event yang ingin dihadirinya.

Kedepannya nanti, akan diusahakan untuk para instansi atau event organizer yang menyelenggarakan acara atau lomba, dapat mengisi langsung info acara atau lombanya ke dalam form yang sudah dipersiapkan.

Artikel ini dibuat berdasarkan press release dari pihak Mangamon