November tahun lalu, Walikota Beppu, kota yang terletak di pulau Kyushu, Jepang, menjadi perbincangan setelah berjanji akan membuka suatu taman hiburan khusus bertemakan onsen (pemandian air panas) di kotanya jika video promosi “Spamusement Park”-nya mencapai 1 juta penonton. Tentu saja, tidak memakan waktu lama bagi semuanya untuk menonton dan membagikan video lucu yang menunjukkan orang-orang menikmati komedi putar onsen dan roller coaster yang berisi air panas tersebut. Dalam waktu singkat, video tersebut mencapai 1 juta penonton yang kemudian bertambah lagi hingga hampir 3 juta penonton pada bulan ini. Walikota Beppu kemudian menanggapinya secara tulus dengan surat terima kasih kepada publik, serta berjanji untuk melanjutkan proyek tersebut.

Bagi yang belum menontonnya, kalian bisa melihatnya melalui video di bawah ini

Untuk membantu mewujudkan impian water park onsen ini, tim proyek ini baru saja mengumumkan bahwa mereka akan meminta bantuan dari publik. Bantuan tersebut didapatkan melalui kampanye penggalangan dana sebesar 10 juta yen (sekitar 1,2 milyar rupiah). Kampanye ini juga menawarkan insentif menarik bagi para investor.

Untuk donasi sebesar 3.000 yen (sekitar 350 ribu rupiah), penyumbang akan menerima surat pribadi berisikan ucapan terima kasih dari sang walikota melalui pos atau email. Untuk sumbangan 8.000 yen (sekitar 940 ribu rupiah), penyumbang akan diizinkan masuk selama sehari dengan tambahan handuk dengan tanda khusus. Bagi sumbangan sebesar 300 ribu yen (sekitar 35 juta rupiah) akan dihadiahi “Hot Spring Citizenship” atau Kependudukan Pemandian Air Panas, yang memberikan akses gratis ke pemandian yang dikelola kota selama setahun penuh.

Perusahaan juga bisa mendapatkan promosi sponsor berupa pertunjukan kembang api berdurasi satu menit jika memberikan kontribusi sebesar 1 juta yen (117 juta rupiah). Untuk sumbangan 1,5 juta yen (sekitar 176 juta Rupiah), air panas Beppu yang terkenal akan langsung dikirimkan ke donatur, jadi kamu bisa menikmati terapi air panas onsen langsung di bak mandimu!

Semua nama pendukung akan dicantumkan pada video memorial khusus. Lalu, bagi siapapun yang menyumbangkan minimal 300 ribu yen akan berkesempatan untuk minum langsung bersama Walikota Beppu, Yasuhiro Nagano, yang popularitasnya telah meningkat di Jepang karena kepribadian uniknya serta pemikirannya yang berani demi kemajuan kotanya.


Yasuhiro Nagano

Dengan waktu kurang dari 60 hari lagi, penggalangan dana ini telah menarik 86 pendukung. Kontribusi dari para pendukung ini berjumlah sebesar 655 ribu yen dalam waktu kurang dari sehari. Karena tiket masuk bagi investor akan ditawarkan pada tanggal 29-30 Juli, yaitu tanggal taman tersebut akan dibuka, tim kampanye memiliki deadline yang ketat.

Wah minna, kita berharap saja supaya target 10 juta yen mereka bisa tercapai dan Spamusement Park bisa menjadi kenyataan!

Source: RocketNews24

Artikel ini ditulis oleh Genshin