Striker asal Jepang, Kazuyoshi Miura berhasil memecahkan rekor dunia setelah berhasil mencetak gol semata wayang pada kemenangan Yokohama FC atas Thespa Kusatsu pada lanjutan gelaran J-League 2. Rekor pencetak gol tertua pada pertandingan profesional yang dipegang selama 52 tahun oleh pemain internasional Inggris, Sir Stanley Matthew harus berpindah tangan pada hari Minggu (12/3). Miura berhasil menceploskan bola liar setelah kiper Keiki Shimizu gagal menahan tendangan dengan baik.

Gol Kazuyoshi Miura

“King Kazu”-panggilan untuk Miura-, mencetak gol ini pada usia 50 tahun 14 hari. Sedangkan Sir Stanley Matthew mencetak gol tertua sebelumnya ketika berusia 50 tahun 5 hari ketika ia membela Stoke City saat menghadapi Fulham pada tahun 1965.


Kazuyoshi Miura bermain untuk Yokohama FC

Setelah pertandingan Miura mengatakan “Saya sangat senang dapat berkontribusi untuk kemenangan.” “Saya selalu berusaha untuk mencetak gol, namun hari ini saya memiliki firasat yang baik”, lanjut Miura.

Sebelum memecahkan rekor dunia ini, sebelumnya Kazuyoshi Miura juga berhasil memecahkan rekor sebagai pencetak gol tertua di Liga Jepang pada musim lalu dan sebagai pemain tertua yang pernah bermain di Emperor Cup. Pemain yang terkenal dengan “Kazu Feint” dan “Kazu Dance” ini sudah malang melintang di dunia sepakbola. Miura pernah bermain di beberapa klub asal Brasil, salah satunya adalah Santos, dimana dia melakukan debut profesionalnya pada tahun 1986. Dia juga pernah bermain untuk klub profesional Eropa seperti Genoa di Italia, lalu Dinamo Zagreb di Kroasia. Selain itu dia pernah bermain untuk Sydney FC di Australia. Di Jepang, Miura juga sudah membela beberapa klub, seperti klub kampung halamannya yaitu Tokyo Verdy dimana dia mencetak 100 gol dari 192 laga di liga Jepang. Untuk level timnas sendiri, Miura melakukan debutnya pada tahun 1990 dan pensiun pada tahun 2000 dimana dia mencatatkan 89 penampilan dan mencetak 55 gol bagi Jepang, namun belum pernah bermain di Piala Dunia.


“King Kazu” mengenakan Jersey tim nasional Jepang

Karena ketenaran yang dimiliki oleh “King Kazu” dia juga pernah menjadi cameo di salah satu movie Detective Conan, tepatnya movie ke-16 yang bercerita tentang Conan Edogawa menemukan sebuah bom ketika sedang menonton sepakbola di stadion. 

Walaupun sudah tua namun tetap semangat, kita doakan semoga dia terus semangat bermain ya minna!

Source: The Guardian

Artikel ini ditulis oleh Ponyonyon