Mungkin beberapa dari kalian khususnya umat muslim akan kebingungan saat berkunjung ke Tokyo ketika hendak mencicipi makanan-makanan khas Jepang namun khawatir dengan bahan-bahan yang digunakan tidak halal. Nah, kalian tidak perlu khawatir lagi sekarang karena ternyata di Tokyo sendiri sudah cukup banyak restoran yang menjajakan menu nan Halal loh! Berikut ini kami rangkum 5 restoran khas Jepang yang sudah mengantongi sertifikat Halal:

1. Manekineko, Yotsuya

Manekineko adalah restoran karaoke yang pertama kali mengantongi sertifikat Halal di Jepang. Berjarak hanya beberapa menit berjalan kaki dari JR Yotsuya Station, restoran ini menyajikan lebih dari 40 menu halal termasuk ramen, yakisoba, kentang goreng, ayam goreng, dll. Menu yang paling populer adalah ramen dengan 3 pilihan rasa yakni asin, miso, dan shoyu.

Alamat : 3-1 Samoncho, Shinjuku-ku
Jam buka : 09.00 – 18.00

2. Sekai Café, Oshiage

Meskipun tidak semua menu di restoran ini halal, namun restoran Sekai Café ini memberikan pilihan daging halal dan tanpa alkohol serta menu untuk vegetarian. Berlokasi hanya 2 menit berjalan kaki dari Tokyo Skytree restoran ini mengedepankan kebersamaan dimana tiap orang dari berbagai negara dapat berkumpul dan makan di café ini, tidak peduli agama, kepercayaan, maupun alergi. Staf di café ini pun berbahasa Inggris dan menyajikan layanan free wifi serta tempat yang nyaman, tempat ini menjadi surganya bagi para turis berkumpul.

Alamat : 2-16-8 Narihira, Sumida-ku
Jam Buka : 10.00 – 21.00

3. Yoshiya, Shinjuku

Jika kalian ingin mencicipi masakan tradisional khas Jepang, Yoshiya ini tempatnya. Meski dibatasi 3 menu halal saja namun mereka menggunakan kulkas khusus untuk menyimpan bahan makanan halal agar tidak tercampur dengan yang lain. Menu populer disini adalah Chicken Katsu dan Spicy Karaage, namun tidak seperti karaage pada umumnya di Jepang, kaarage ini tidak menggunakan mirin (Sweet Rice Wine) maupun Vinegar jadi tentunya aman. Menu disediakan dalam bahasa Inggris dan staf berbahasa Inggris pun juga ada disini.

Alamat : 1-1-2 Nishishinjuku, Shinjuku-ku
Jam Buka : 11.00 – 22.30

4. Sumiyakiya, Nishi Azabu

Kalian tentunya belum menikmati masakan Jepang apabila belum mencoba Yakiniku. Berlokasi hanya 6 menit berjalan dari stasiun Roppongi, Sumiyakiya merupakan tempat yang menarik untuk bersantai sambil menikmati daging berkualitas serta sensasi memanggang daging ala Jepang. Restoran ini juga pernah menyambut perdana mentri Malaysia, Mahathir bin Mohamad pada saat kunjungannya ke Jepang. Dengan visi membuat restoran Yakiniku yang menyajikan makanan bagi orang-orang dengan berbagai macam latar belakang yang berbeda, Sumiyakiya memastikan daging yang digunakan bersertifikat halal.

Alamat : 3-2-16, Nishiazabu, Minato-ku
Jam Buka : 11.30 – 23.30

5. Hanasakaji-san, Shibuya

Dengan lebih dari 500 pengunjung muslim tiap bulannya, menjadikan Hanasakaji-san sebagai restoran halal shabu-shabu paling populer di Jepang. Berlokasi di sebelah kanan stasiun Shibuya restoran ini menyajikan makanan khas Jepang shabu-shabu yang bahannya 100% halal. Menggabungkan halal dengan makanan khas Jepang, restoran ini menjadi pilihan baik ketika berkunjung ke Tokyo, Jepang.

Alamat : B1 3-22 Sakura Building, Sakuragaoka, Shibuya-ku
Jam Buka : 11.30 – tengah malam

Nah itu dia restoran-restoran yang menyajikan makanan lezat dan halal di Tokyo Jepang. Semoga bermanfaat ya minna bagi kalian terutama yang muslim di kala tengah berkelana ke negeri Sakura nantinya …

Source: SavvyTokyo

Artikel ini ditulis oleh NeoPollutan