Halo minna-san~ Kali ini Nippon Club mendapatkan kesempatan untuk meliput acara Meet & greet Enka Girls di IkuZo!, tempat kursus bahasa Jepang, Manga, Jahit. Semua program menggunakan metode Jepang. Ada 2 member Enka Girls yang datang kali ini yaitu Yuuki Shiori (ungu) dan Nagai Anju (merah).


Sekilas info tentang Enka Girls, Enka Girls merupakan sebuah grup girl band yang memiliki 7 member, yaitu Yuuki Shiori, Nagai Anju, Tooya Rui, Minami Ren, DJAiri, Kurose Honomi, dan Koizumi Risa. Grup ini mengambil jalan yang unik, yaitu dengan menggunakan enka sebagai aliran musik mereka. Musik enka adalah genre musik tradisional Jepang, namun Enka Girls mengembangkan genre ini dengan menggabungkannya dengan music techno dan pop idol.

Sesi pertama dibuka dengan interaksi antara kedua member Enka Girls dengan para pengunjung yang diikuti oleh sesi tanya jawab. Pengunjung pada acara Meet & greet Enka Girls terlihat sangat bersemangat untuk berinteraksi dengan idola mereka.

Yuuki Shiori (Shii-chan) = S
Nagai Anju (Anju) = A


Q: Apa itu Enka menurut kalian?
S: Enka adalah genre musik yang popular dan mencapai puncak selama masa Showa. Tapi dalam beberapa kurun waktu ini, telah mengalami kemunduran dan hanya didengarkan oleh para lansia. Dengan menggabungkan musik enka dengan electro pop diharapkan dapat memperkenalkan kepada semua genre music ini.

Q: Bagaimana susasana Enka Girls dengan formasi baru saat ini?
S: Setelah dua member lulus, suasana menjadi berbeda tapi tetap menyenangkan.

Q: Saya melihat bahwa Enka Girls telah belajar Bahasa Indonesia, sudah seberapa jauh kalian belajar Bahasa Indonesia?

S: Kami telah mempelajari cara memperkenalkan diri, salam dan barang yang disukai. Saya suka mie goreng.
A: Saya suka sate.

Q: Bagaimana pandangannya tentang Indonesia sebelum dan sesudah datang?
S: Indonesia panas!!!
A: Indonesia macet!!!


Q: Bagaimana kehidupannya menjadi idol?
S: Walau latihan setiap hari sangat melelahkan tapi saat melihat senyuman dari para fans rasanya senang sekali.
A: Terima kasih ya sudah mendukung kami!

Q: Indonesia seperti Jepang merupakan sebuah negara kepulauan, apakah ada pulau di Indonesia yang ingin dikunjungi?
A: Bali
S: Jawa, senang sekali bisa melihat pulau Jawa.

Q: Apakah pernah mendengar lagu Indonesia selain JKT48?
S: Belum mengenal terlalu banyak namun mulai sekarang kami akan berusaha mencari tahu.

Q: Enka Girls memiliki DJ tersendiri yaitu DJAiri, apakah kalian ingin mencoba menjadi DJ juga?
S: Iya ingin mencoba!!

Q: Apakah pernah berpikiran untuk melakukan aktivitas lain sebelum menjadi idol?
A: Saya ingin menjadi seiyuu dan model.
S: Kalau saya ingin menjadi model dan artis drama panggung.


Setelah sesi tanya jawab, gantian nih, sekarang giliran para pengunjung yang diberikan pertanyaan oleh Enka Girls, apa yang disukai dari Enka Girls? Apakah pernah mengunjungi Jepang? Dan apa makanan kesukaan dari Jepang? Bagaimana minna? Apa jawaban minna? pengunjung pun antusias untuk menjawab semua pertanyaan itu.

Selanjutnya semua pengunjung diajak untuk menari bersama. Para pengunjung ditunjukkan sebuah video pertunjukkan live Enka Girls yang menunjukkan lagu Chome Rhythm, Shigeru, dan Koizakura.


Kemudian para pengunjung diminta berdiri dan diberikan masing-masing sebuah kipas. Para pengunjung lalu diminta untuk menarikan sedikit bagian dari lagu Koizakura dengan dipimpin kedua guest star hari ini. Sayang karena waktu yang terbatas, hanya diajari menari saja. Mungkin di kesempatan berikutnya kita bisa mendengar mereka bernyanyi.



Sesi yang ditunggu-tunggu oleh para pengunjung pun tiba yaitu photo session gratis dengan Shi-chan dan Anju-chan. Para pengunjung juga dapat membeli berbagai album dari Enka girls sekaligus meminta tanda tangan mereka. Bahkan ada pengunjung yang meminta Shi-chan dan Anju memberikan tanda tangan di pipinya. Sungguh dedikasi yang luar biasa ya minna.


Sesaat sebelum acara berakhir Nippon Club berhasil melakukan interview singkat dengan Shi-chan dan Anju dari Enka Girls loh! Berikut hasil interview-nya:

Q: Bagaimana pendapat kalian tentang Enka Girls dibandingkan dengan idol grup lain?

S: Kami seperti AKB dan JKT ingin menjadi lebih famous lagi. Kami memiliki semangat untuk menjadi terkenal seperti mereka.

Q: Selain JKT48 apakah kalian mengenal idol grup Indonesia lain?

S: Kami pernah berkolaborasi dengan grup idol AIMON saat mengunjungi Jogjakarta tahun lalu.

Q: Apakah ada pengalaman yang berkesan sewaktu SMA?
A: Saat SMA, aku memasuki klub lari estafet. Pada saat bunkasai/festival sekolah waktu performance, tongkat/baton-nya terlempar megenai mataku, sakit sekali.
S: Waktu bunkasai aku melakukan cosplay menjadi salah satu karakter di Prince of Tennis.

Q: Setelah mengunjungi Indonesia beberapa kali, apa yang diharapkan dari Indonesia?

S: Karena Indonesia merupakan tempat pertama yang dikunjungi waktu melakukan live dan paling sering dilakukan promosi jadi kami mengharapkan sebuah tempat untuk pulang kembali. Ingin sekali waktu datang ke Indonesia ada banyak fans yang datang menyambut.

Q: Sifat seperti apa yang disukai dari orang Indonesia?
A: Orangnya baik.
S: Ramah.

Q: Apa hobi kalian?
A: Jalan-jalan.
S: Ngidol. Grup idol favorit saya adalah Yumemiru Adolescence!!!


Q: Bagaimana kalian menghadapi kehidupan idol yang sulit ini?
S: Kami merasa sangat bersemangat sewaktu fans membalas tweet atau post kami.

Q: Apakah pernah merasa kesusahan sewaktu menyanyikan lagu enka karena berbeda dengan lagu lain?
S: Lagu yang kami nyanyikan itu bukan lagu enka asli, kami mengubahnya supaya dari anak kecil sampai dewasa bisa mendengarnya dengan gampang sehingga nyanyinya juga gampang.

Q: Kenapa dari semua kota di Jepang, Enka Girls paling sering ke Osaka?
S: Karena pada awalnya enka girls terdiri dari dua tim, satu dari Tokyo satu lagi dari Osaka. Tapi sekarang sudah digabung jadi kami sering live di Tokyo dan di Osaka.

Q: Apa keinginan yang ingin dicapai dengan menjadi idol?
S: Kami tahun depan akan melakukan live di Indonesia, kami ingin ada 1000 orang yang datang melihat.

Q: Apakah ada pengalaman unik selama menjadi idol?
S: Sewaktu mau merekam satu music video di Borobudur, ada seorang member yang sakit mual sehingga akhirnya dilakukan perekaman didekat hotel. Tapi karena DJnya tidak ada jadinya dilakukan dengan DJ yang tidak dikenal untuk merekam lagunya. Judul lagunya adalah Shigeru


Sekian interview kami bersama kedua member Enka Girls. Terima kasih kepada Shi-chan dan Anju dari Enka Girls yang telah meluangkan waktunya dan juga seluruh panitia IkuZo! yang sudah bekerja keras untuk kelancaran event ini. Terima kasih juga telah memberikan kesempatan pada tim jurnalistik Nippon Club untuk meliput acara ini dari awal sampai selesai.

Bagaimana minna? Apa kalian tertarik untuk bertemu dengan Enka Girls? Karena kalian akan dapat bertemu mereka semua di Ennichisai 2017 yang akan diadakan di Blok M pada 13-14 Mei mendatang. Ditunggu kehadiran minna disana ya~

Artikel ini ditulis oleh Radclyffe